Cara mencegah komedo

mencegah komedoKomedo bisa berakibat buruk jika tidak segera diatasi, untuk mengatasi persoalan tersebut diperlukan beberapa langkah mudah yang bisa kita lakukan dengan mengikuti semua cara yang pernah di bahas beberapa hari yang lalu [Baca: Cara menghilangkan komedo].

Namun dibanding mengobati, tentu lebih baik jika kita melakukan berbagai langkah pencegahan, langkah ini kita lakukan untuk mencegah hadirnya gangguan tersebut.

Ada beberapa cara mudah dalam menghindari munculnya masalah tersebut pada wajah, berikut penjelasan selengkapnya.

Di bawah ini merupakan beberapa langkah dan cara mencegah komedo seperti yang telah direkomendasikan oleh para ahli kulit.

1. Cuci wajah secara teratur

Kebersihan adalah awal dari segalanya jika ingin tetap sehat dan terhindar dari berbagai macam gangguan. Untuk melakukan hal ini kita dianjurkan untuk tidak menggunakan bahan-bahan bersifat terlalu keras karena dapat memicu iritasi.

Gunakan air biasa atau bahan alami saat membersihkannya, perlu diketahui pula bahwa saat membersihkan wajah dengan menggunakan produk pembersih komersil hanya dilakukan maksimal dua kali sehari.

Jangan pernah lebih dari itu karena akan membuat kulit kering, namun jika hanya menggunakan air bersih biasa kita bisa melakukannya berulang kali. Pastikan semua kotoran dan debu benar-benar hilang dan bersih.

2. Gunakan produk berbasis cair

Jika kita termasuk orang yang gemar menggunakan produk kosmetik atau makeup, maka gunakanlah produk yang berbasis cair dan bebas minyak. Minyak yang terdapat pada suatu produk dapat memicu berbagai masalah seperti komedo.

Belilah produk yang berlabel noncomedogenic, label ini menginformasikan kepada kita bahwa makeup atau kosmetik tersebut bebas minyak dan berbasis cair.

3. Menggunakan lotion benzoil peroksida

Penggunaan krim atau lotion ini hanya kita lakukan saat sudah terlanjur bermasalah dengan komedo, tidak dianjurkan untuk orang yang sama sekali tidak bermasalah dengan gangguan tersebut.

Krim yang mengandung benzoil peroksida bersifat keras sehingga dapat membuat kjuit terkelupas dan menyebabkan peradangan, senyawa ini biasanya ditemukan dalam produk anti jerawat dan dijual secara bebas.

4. Menggunakan komedo extractor

Alat ini digunakan untuk mengangkat semua komedo dengan mudah dan cepat, harganya sangat terjangkau dan dijual bebas di pasaran. Jika masih bingung dengan alat ini, maka silahkan lihat di iklan layanan masyarakat yang sering tampil di televisi nasional.

Di negara kita alat ini lebih mirip dengan plaster, digunakan untuk menyerap semua komedo dengan cara menempelkannya langsung pada area komedo tersebut.

5. Kunjungi dokter

Selain melakukan tips-tips di atas, kita juga perlu mengkonsultasikannya dengan dokter terdekat, hal ini dilakukan untuk mengetahui cara tepat dalam merawat kulit kita. Harap diingat bahwa perawatan kulit yang dilakukan mungkin berbeda satu dengan lainnya.

tags: