Cara Mencegah Ketombe di Musim Hujan

cara mencegah ketombe di musim hujanKenapa musim hujan? Karena cuaca yang dingin dan lembab merupakan salah satu dari sekian banyak hal yang dapat memicu munculnya ketombe di musim penghujan. Oleh sebab itu hal ini perlu diwaspadai karena jika tidak maka masalah ketombe akan lebih parah dan sulit untuk diatasi.

Selain masalah ketombe, cuaca dingin dan lembab juga memudahkan noda dan debu terjebak pada batang rambut sehingga rambut terlihat lebih kusam dan kotor.

Untuk mencegah keduanya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Berikut ini adalah beberapa cara mencegah ketombe di musim hujan seperti dikutip dari berbagai sumber.

Gunakan sampo anti ketombe yang tepat

Banyak sampo anti ketombe yang bisa kita coba untuk megnatasi dan mencegah masalah tersebut, namun sampo terbaik menurut universitas Texas Southwestern Medical Center adalah sampo yang mengandung tar, kandungan ini biasanya ditulis dengan nama Neutrogena.

Silahkan perhatikan baik-baik pada label kemasan sampo tersebut, jika ditemukan kandungan tersebut maka sampo itu dianggap baik untuk mengurangi pengelupasan kulit yang terjadi akibat musim dingin.

Cuci secara teratur

Ingin sehat? Maka jalankan syarat pertama yaitu menjaga kebersihan. Untuk mendapatkan rambut sehat dan bebas masalah tentu harus dibersihkan secara rutin.

Perawatan dilakukan dengan menggunakan media dan metode yang tepat, jika gangguan ketombe sudah berada di level menengah atau berat, maka Mayo Clinic menganjurkan kita untuk menggunakan sampo anti ketombe setiap hari.

Perlu diperhatikan bahwa penggunaan sampo setiap hari dapat mengeringkan kulit kepala dan batang rambut, untuk itu tahap ini hanya perlu dilakukan jika ketombe sudah dirasa sangat kronis.

Perhatikan pula saat menggunakan sampo, setelah mengoleskan sampo dan melakukan pemijatan pada kulit kepala, biarkan selama lima menit baru kemudian bilas dengan air bersih. Kandungan aktif pada sampo tersebut membutuhkan waktu sekitar lima menit untuk bekerja, jadi jangan langsung dibilas.

Perhatikan pola makan

Mayo Clinic menyatakan bahwa masalah ketombe sebenarnya bisa dicegah hanya dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B, zinc dan beberapa jenis lemak tertentu. Terkait hal ini, Dr. Andrew Weil menyarankan kita untuk mengkonsumsi biji rami, ikan, telur, sayuran hijau dan kenari.

Semua makanan yang telah disebut tadi memiliki kandungan zinc, asam lemak omega 3 dan vitamin B serta beberapa nutrisi dan mineral penting lainnya.

Sedangkan jenis makanan atau minuman yang harus dibatasi adalah produk susu atau makanan yang terdiri dari produk susu seperti mentega, margarin dan lain sebagainya.

Hentikan penggunaan produk styling

Ketika rambut sudah bermasalah dengan ketombe maka hal lain yang juga harus dilakukan adalah menghentikan sementara penggunaan produk styling seperti hair dryer, gel atau krim untuk perawatan rambut.

tags: