Cara mencegah kerontokan rambut pada remaja

mencegah kerontokan rambut pada remajaJika sebelumnya kita telah membahas secara detail tentang hal apa saja yang dapat menyebabkan kerontokan pada kalangan remaja [Baca: Penyebab rambut rontok pada remaja], maka kali ini kita akan mengulas langkah pencegahannya.

Langkah ini dilakukan dengan tujuan agar terhindar sejauh mungkin dari gangguan atau kerusakan pada rambut, dilakukan baik sebelum atau ketika kerontokan tersebut tengah terjadi.

Sebenarnya banyak hal yang bisa kita lakukan, namun kesempatan kali ini hanya akan menjelaskan beberapa diantaranya saja.

Berikut adalah cara mencegah kerontokan rambut pada remaja seperti dilansir dari pakar kesehatan rambut.

1. Memperbaiki pola makan

Pertama yang harus kita koreksi adalah pola makan sehari-hari, apa saja yang kita konsumsi dan vitamin serta nutrisi apa yang belum terpenuhi. Salah satu penyebab utama kerontokan adalah kurang gizi dan nutrisi.

Oleh sebab itu para ahli menganjurkan untuk segera memperbaiki pola makan, jika ternyata kerontokan tersebut mulai terjadi saat sedang menjalankan program diet tertentu maka kemungkinan besar diet adalah penyebabnya.

Kita tidak harus menghentikan diet tersebut, yang perlu dilakukan hanyalah mengoreksi kembali nutrisi apa yang tidak kita penuhi lalu perbaiki dengan cara memberikan asupan nutrisi tersebut.

Bisa langsung dari sumbernya atau menggunakan suplemen yang bisa kita dapat di toko atau apotik terdekat.

2. Menggunakan obat

Perhatikan sebelumnya, obat yang akan kita konsumsi harus sesuai dengan petunjuk dokter. Hindari penggunaan yang tidak sesuai dengan apa yang telah ditunjukkan oleh dokter.

Obat memiliki dua mata pisau yang bila tidak diperhatikan dengan baik maka bukan manfaat yang akan kita dapatkan melainkan kerusakan parah. Oleh sebab itu jangan pernah menggunakan obat tanpa ada petunjuk atau pengawasan langsung dari dokter.

3. Menjaga kesehatan

Ini bukan hanya perlu dilakukan oleh kalangan remaja yang masih sehat saja, namun juga wajib dilakukan oleh remaja yang telah menderita berbagai macam penyakit seperti diabetes, lupus dan lain sebagainya.

Jika penyakit-penyakit tersebut tidak dikontrol dengan baik maka dapat menyebabkan kerontokan bertambah parah. Sekali lagi perlu ditekankan bahwa dengan menjaga atau mengendalikan apa yang telah kita idap, maka kerontokan dapat dihindari.

4. Hindari mengikat rambut

Dalam halaman sebelumnya, salah satu penyebab rambut rontok adalah ikatan yang dikenakan pada rambut. Ikatan ini membuat akar dan folikel menjadi lemah dan tidak memiliki kekuatan untuk menahan kerontokan.

Untuk itu, bijaksanalah dalam memilih tatanan rambut karena hal ini sangat berpengaruh pada kondisi rambut kita di masa depan.

5. Pemijatan kulit kepala

Kerontokan pun bisa terjadi saat folikel tidak menerima nutrisi yang ia butuhkan, akibatnya adalah folikel mengalami kerusakan sehingga pertumbuhan menjadi terganggu dan kerontokan tidak bisa dihindari.

Nutrisi bisa kita dapatkan dari sayur, buah, daging, telur dan produk susu. Untuk memastikan nutrisi pada makanan tersebut dapat diterima dengan baik oleh folikel dan kulit kepala maka peredaran atau sirkulasi darah harus lancar.

Salah satu langkah yang bisa dilakukan untuk melancarkan peredaran darah pada kulit kepala adalah dengan melakukan pemijatan. Pemijatan bisa dilakukan dengan bantuan minyak zaitun atau minyak esensial lainnya.

tags: