Cara mencegah jerawat pada bayi

jerawat pada bayiApakah mungkin bayi mengalami jerawat? Mungkin saja, karena meskipun bayi belum bermasalah dengan gangguan hormon namun ada hal yang dapat memicu gangguan tersebut dan berlaku bagi siapa saja.

Bakteri P. Acnes adalah salah satunya, bakteri ini dapat menyerang siapa saja dan kapan saja. Jika bakteri ini berkembang biak di kulit bayi lalu menginfeksinya maka cepat atau lambat kita akan mendapati jerawat pada bayi tersebut.

Lalu bagaimana cara kita mencegahnya? Berikut adalah cara mencegah jerawat pada bayi seperti dikutip dari beberapa ahli kulit ternama.

Bersihkan bayi dengan air hangat

Cara pertama adalah memastikan kulit bayi tetap dalam kedaan bersih, gunakan air hangat atau handuk yang telah dicelupkan ke air hangat lalu bersihkan secara perlahan dan teratur.

Lakukan langkah ini dua kali sehari agar kebersihannya tetap terjaga dan menurunkan resiko terhadap berkembang biaknya bakteri dan kuman pada permukaan kulitnya.

Jangan gunakan ati jerawat

Hindari pengunaan krim atau lotion tersebut karena bisa menyebabkan iritasi serius pada bayi, hal ini ditegaskan oleh rumah sakit Yale-New Haven Children’s.

Krim tersebut tidak diformulasikan atau didesain untuk kulit bayi sehingga bukan saja dapat mengiritasi tapi bisa menyebabkan kerusakan permanen pada organ tubuh mereka.

Jangan memecahkan jerawat

Seperti halnya pada remaja dan lainnya, memecahkan jerawat adalah tindakan yang berbahaya karena dapat menyebabkan perpindahan bakteri P. acnes ke bagian kulit lainnya.

Bila hal ini terjadi maka akan terjadi banyak infeksi dan penyebaran jerawat pada kulit mereka. Selain itu tindakan ini juga bisa menyakit bayi dan menimbulkan bekas luka permanen.

Tunggu beberapa minggu

Dr. Alan Greene, seorang dokter anak kenamaan mengatakan bahwa tunggu selama beberapa minggu dan jerawt pada bayi akan hilang dengan sendirinya.

Alasannya adalah gangguan tersebut hanya gangguan ringan dan dapat hilang dalam rentang waktu tiga sampai empat minggu ke depan. Tentunya hal ini harus dikombinasikan dengan perawatan kulit bayi seperti yang telah dijelaskan pada point pertama di atas.

Kunjungi dokter

Semua keputusan ada di tangan anda apakah akan mendiamkan masalah tersebut atau segera memeriksakannya pada orang yang lebih berpengalaman.

Langkah ini bisa kita lakukan sesegera mungkin untuk mengetahui kondisi bayi saat ini, atau bisa juga dilakukan setelah gangguan tersebut tidak juga hilang dalam waktu 4 minggu.

Dengan mengikuti semua tahapan di atas, mudah-mudahan apa yang sedang dialami oleh bayi kita dapat segera diatasi dan ditangani dengan baik tanpa menyebabkan masalah baru.

Perhatikan selalu kebersihan pakaian, tempat dan makanan mereka agar selalu terhindar dari berbagai gangguan kulit dan penyakit yang biasanya disebabkan oleh bakteri dan kuman akibat kebersihan lingkungan tidak terjaga dengan baik.

tags: