Cara mencegah jerawat dengan bawang putih

cara mencegah jerawatBukan hanya peralatan dan produk mahal saja yang bisa mencegah masalah jerawat, bahan alami seperti tomat dan bawang putihpun dikaetahui dapat menghindarkan kita dari masalah tersebut.

Kandungan belerang atau sulfur yang terdapat dalam bawang putih menjadi salah satu alasannya kenapa rempah-rempah ini sangat berkhasiat dalam menyingkirkan semua jamur, bakteri serta kuman yang menjadi pemicu utama jerawat [Baca: 9 penyebab masalah jerawat].

Lalu bagaimana caranya memanfaatkan rempah tersebut untuk mencegah sekaligus mengobati jerawat? Langkah serta tahapannya tergolong sangat mudah dan bisa diikuti oleh siapapun.

Berikut adalah cara mencegah jerawat dengan memanfaatkan kandungan penting dalam bawang putih.

Tahap pertama

Belilah bawang putih yang tergolong masih segar dan tidak busuk, hal ini untuk memastikan bahwa semua kandungan penting di dalamnya tidak hilang karena mikro organisme.

Setelah kita memperolehnya, ambillah satu siung bawang putih kemudian kita belah menjadi beberapa bagian.

Tahap kedua

Kupas seluruh kulit yang melekat pada rempah tersebut lalu bersihkan dengan air dinging, hal ini bertujuan agar tidak ada kuman dan bakteri yang tertinggal di permukaan bawang tersebut.

Setelah benar-benar bersih, kini kita telah mempunyai satu siung bawang yang telah terkupas dan siap untuk digunakan.

Tahap ketiga

Oleskan secara merata bawang tersebut ke seluruh bagian kulit atau wajah yang bermasalah dengan jerawat dan tunggu selama kurang lebih 20 menit.

Cuci hingga bersih untuk menghilangkan noda bawang tersebut, ulangi langkah ini sebanyak 3 sampai 4 kali sehari untuk mendapatkan hasil yang benar-benar maksimal.

Tahap keempat

Kombinasikan dengan suplemen bawang, suplemen ini bisa kita peroleh di apotik atau toko-toko obat terdekat. Hal ini bertujuan untuk mencegah jerawat dari dalam.

Harap diperhatikan bahwa penggunaan bawang putih saja tidak dapat menangkal semua gangguan kulit termasuk jerawat, kita harus mengkombinasikannya dengan berbagai langkah dan metode.

Hal utama yang perlu kita lakukan adalah dengan menjaga kebersihan badan dan pakaian agar tidak ada kesempatan bagi bakteri untuk menginfeksi kita.

Selain itu membiasakan pola makan yang sehat juga tidak bisa dditawar lagi, meskipun para ahli masih berbeda pendapat tentang adanya jenis makanan yang bisa memicu jerawat, namun tidak ada salahnya kita menghindari semua jenis makanan yang diduga dapat menyebabkan jerawat [Baca: Daftar minuman dan makanan penyebab jerawat].

Selain itu perlu diperhatikan pula bahwa konsumsi bawang secara berlebihan dapat menyebabkan pendarahan pada pengkonsumsinya, oleh karenanya sebelum mengkonsumsi suplemen apapun, wajib hukumnya untuk mengkonsultasikannya terlebih dahulu ke dokter atau ahli gizi setempat.

Ini dilakukan untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak kita inginkan, jangan sampai langkah dan keputusan yang kita ambil justru membawa akibat buruk bagi kesehatan kita nantinya.

tags: