Cara memutihkan jari kaki

cara memutihkan jari kakiWarna hitam yang terdapat pada jari kaki biasanya disebabkan oleh paparan sinar matahari, faktor genetik dan kadar melanin kurang dari jumlah yang diperlukan.

Perlu diketahui bahwa ketika seseorang terpapar sinar matahari maka ultraviolet dapat merusak kolagen dan elastin sehingga produksi melanin menjadi sangat berkurang.

Melanin sendiri merupakan senyawa yang berfungsi untuk melindungi kulit dari sinar matahari dan menjaga kesehatannya. Orang-orang yang lebih tua lebih rentan dengan gangguan ini.

Hal ini tidak lepas karena seiring bertambahnya usia seseorang maka produksi melanin yang berfungsi melindungi kulit dari sinar matahari jauh berkurang sehingga lebih mudah muncul bintik-bintik hitam pada jari kaki.

Meskipun demikian ada beberapa tips yang bisa kita gunakan untuk menangkal sekaligus mengembalikan warna kulit seperti keadaan semula.

Berikut ini adalah cara memutihkan jari kaki seperti yang dikutip dari beberapa sumber ternama.

1. Lindungi dari bahwa sinar matahari

Pada banyak kasus, sinar matahari merupakan penyebab utama berbagai permasalahan pada kulit manusia, sebut saja misalnya flek hitam, tanda penuaan dini hingga kanker kulit.

Oleh sebab itu tidak jalan lain kecuali dengan melindungi kulit kita dari paparan sinar ultraviolet dengan mengoleskan tabir surya atau pakaian tertentu.

2. Lakukan eksfoliasi

Dalam berbagai kesempatan sebelumnya kita sering menggunakan langkah ini untuk mengatasi berbagai persoalan kulit. Eksfoliasi adalah proses pengangkatan jaringan sel kulit mati sehingga jaringan kulit baru akan menggantikan kulit rusak tersebut.

Untuk melakukannya banyak cara yang bisa dipilih, salah satunya adalah dengan menggunakan gula seperti pernah dibahas di halaman ini [Baca: Mengangkat kulit mati dengan deep cleanser buatan sendiri].

Bisa juga menggunakan produk komersil yang mudah ditemukan di toko kecantikan terdekat. Langkah ini hanya dilakukan maksimal dua kali seminggu, terlalu sering melakukannya dapat membuat iritasi pada kulit.

3. Gunakan jus lemon

Membuat pemutih kulit pada dasarnya sama, hal-hal yang membedakan hanya berputar pada takaran bahan yang dibutuhkan. Jika pada tangan atau siku-siku hanya membutuhkan sedikit bahan maka pada bagian kaki cenderung lebih banyak.

Hal ini karena struktur dan kepekaan kulit berbeda, oleh sebab itu produk yang kita gunakan juga cenderung lebih banyak jika ditujukan pada kaki.

Untuk membuat pemutih, kita bisa memanfaatkan jeruk lemon. Buah ini memang sejak dulu dikenal memiliki khasiat yang dapat memutihkan warna kulit seseorang.

Untuk langkah dan cara pembuatannya silahkan lihat pada halaman berikut ini [Baca: Cara memutihkan lutut].

4. Tingkatkan produksi melanin

Seperti dijelaskan di awal-awal tulisan ini bahwa kekurangan melanin dapat membuat kulit lebih mudah terkena radikal bebas yang diakibatkan oleh paparan sinar ultraviolet.

Oleh sebab itu, meningkatkan produksi melanin merupakan salah satu langkah ampuh dalam mencegah perubahan warna kulit menjadi lebih gelap. Dan langkah mudah dalam meningkatkan produksi melanin adalah dengan mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang dikenal dapat membantu tubuh dalam memproduksi senyawa tersebut.

Silahkan baca di sini untuk mengetahui makanan apa saja yang bisa meningkatkan produksi melanin tersebut [Baca: Daftar makanan yang dapat meningkatkan kadar melanin].

tags: ,