Cara memulihkan pertumbuhan rambut

pertumbuhan rambutKerontokan yang melebihi seratus helai perharinya bukanlah hal wajar, ini bisa diakibatkan oleh adanya faktor genetik, efek samping bahan kimia yang mungkin terdapat pada produk perawatan atau juga bisa dipicu karena menurunnya daya tahan tubuh seseorang.

Jika kita mengalami kerontokan tersebut maka sebaiknya segera menghubungi dokter sebelum mengambil tindakan apapun. Ini menjadi sangat penting karena kita tidak akan mengetahui apa yang terjadi jika informasi tersebut bukan berasal dari ahlinya.

Jika setelah dilakukan pemeriksaan dokter menyatakan bahwa kerusakan bisa diatasi tanpa harus menggunakan obat yang diresepkan, maka kita bisa melakukan beberapa langkah yang akan dijelaskan di artikel ini.

Tips di halaman ini hanya akan membahas tentang langkah-langkah untuk mengembalikan pertumbuhan rambut agar penipisan yang mungkin sudah terjadi dapat dihentikan dan rambut dapat tumbuh kembali.

Kita tidak akan membahas cara mencegah kerusakan tersebut karena pada kesempatan sebelumnya telah dijelaskan, silahkan lihat informasinya di halaman ini [Baca: cara mencegah rambut rontok].

Berikut adalah cara memulihkan pertumbuhan rambut seperti dikutip dari American Academy of Dermatology.

1. Pijat dengan minyak esensial

Seperti dinyatakan oleh universitas Maryland Medical Center, pemijatan dua kali sehari dengan menggunakan minyak esensial dapat secara efektif meningkatkan kembali pertumbuhannya.

Untuk mengetahui minyak seperti apa saja yang bisa kita gunakan, silahkan lihat di artikel berikut [Baca: tiga minyak esensial untuk mengatasi rambut rontok].

2. Mengkonsumsi makanan berprotein tinggi

Seperti yang pernah dijelaskan dalam beberapa artikel yang sudah diterbitkan lebih dulu, rambut merupakan kumpulan protein mati. Oleh sebab itu protein sangat dibutuhkan tubuh agar pembentukan rambut dapat berjalan secara normal.

Kekurangan protein dapat menyebabkan terhentinya pertumbuhan rambut dan mengakibatkan kondisi yang lebih parah dibanding sebelumnya.

3. Mengkonsumsi suplemen harian

Suplemen ini digunakan untuk mengganti kekurangan vitamin yang mungkin terjadi, seperti diketahui bahwa tubuh membutuhkan vitamin A, B, C, D dan masih banyak lainnya.

Ini menyulitkan kita dalam memenuhi semua kebutuhan tersebut karena butuh berapa banyak porsi yang harus kita konsumsi jika hanya mengandalkan sumber vitamin tersebut.

Namun sebelum menggunakan suplemen tersebut, hubungi dokter terdekat dan tanyakan apakah kita diperkenankan untuk menggunakan suplemen tersebut.

4. Gunakan sikat lembut

Menyikat rambut sehari sekali dapat melancarkan peredaran darah pada kulit kepala sehingga folikel akan mendapatkan asupan nutrisi dan oksigen secara tepat.

Gunakan sikat yang benar-benar halus tanpa meninggalkan goresan atau menyebabkan kerusakan pada tiap helainya. Sikat seperti ini sudah banyak ditemukan di toko penjual alat kecantikan.

Jika keempat cara di atas kita lakukan dengan benar dan teratur, maka rambut dapat kembali tumbuh dan kerontokan bisa segera diatasi dengan mudah.

Namun jika keadaan kian memburuk dari hari kehari, maka tidak ada cara lain selain menghubungi dokter terkait.

tags: