Cara memudarkan bekas jerawat

memudarkan bekas jerawatJerawat memang kadang menjengkelkan, bukan hanya saat gangguan ini masih ada di wajah kita namun juga saat telah dihilangkan. Setelah jerawat hilang tentu kita harus siap menghadapi masalah bekas jerawat.

Bekas tersebut lebih sering ditemukan berwarna hitam atau kemerahan, karena warnanya sangat kontras dengan warna dasar kulit kita maka dari jauhpun orang lain bisa melihat noda tersebut.

Oleh sebab itu banyak wanita yang beralih menggunakan makeup atau kosmetik yang ditujukan untuk menyamarkan noda tersebut, tidak sedikit pula yang menggunakan cara-cara alami seperti yang telah kita bahas beberapa hari lalu [Baca: cara menyamarkan bekas jerawat].

Meskipun noda atau bekas jerawat pada umumnya bisa hilang dengan sendirinya namun waktu dibutuhkan bisa sangat lama, diperlukan langkah khusus untuk mempercepat hilangnya gangguan pasca jerawat.

Salah satu langkah yang bisa kita coba untuk memudarkannya seperti yang akan kita bahas kali ini.

Berikut ini adalah cara memudarkan bekas jerawat seperti dilansir dari beberapa pakar kecantikan kulit wajah.

1. Menggunakan jus lemon

Caranya sangat mudah, cukup aplikasikan beberapa tetes jus lemon ke bagian noda pada wajah dan tunggu selama 15 menit kemudian bersihkan dengan air.

Selain dapat langsung meneteskan cairan jeruk tersebut, kita juga bisa mencampurkan berbagai jebis buah seperti alpukat atau madu pada jeruk lalu kemudian mengoleskannya pada bekas jerawat tersebut.

Cara ini diklaim dapat lebih mempercepat proses penyembuhan dan regenerasi sel kulit mati sehingga bagian permukaan kulit yang telah rusak dapat segera digantikan oleh jaringan kulit baru yang masih sehat.

Karena tidak semua jenis kulit cocok, maka jika cairan jeruk lemon tersebut menimbulkan iritasi segera hentikan pemakaian. Iritasi tersebut bisa hadir jika kita memiliki alergi terhadap senyawa yang ada dalam cairan tersebut.

2. Menggunakan krim hydroquinone

Krim ini berfungsi untuk memutihkan bagian kulit yang berwarna gelap atau merah. Krim hydroquinone sendiri bisa kita dapatkan di toko kecantikan dan dijual dengan harga murah.

Oleskan krim tersebut maksimal 2 kali sehari langsung ke bagian kulit yang bermasalah, setelah penggunaan berlangsung sekitar 1 sampai 2 minggu bekas tersebut akan memudar dan sepenuhnya hilang.

3. Oleskan tabir surya

Tabir surya bukan hanya dimanfaatkan kita untuk mencegah masalah baru yang mungkin timbul akibat adanya radiasi sinar matahari, namun juga berguna agar noda jerawat tersebut tidak berkembang menjadi lebih parah.

4. Kunjungi dokter

Jika segala macam usaha yang telah kita lakukan menemui jalan buntu maka solusi terbaik yang bisa kita lakukan adalah dengan mengunjungi dokter untuk mengetahui kondisi atau penyakit apa yang sebenarnya sedang kita hadapi.

Dengan mengetahui secara jelas tentang gangguan kesehatan yang sedang menimpa kita, maka langkah penanganan bisa lebih akurat dan segera membuahkan hasil.

tags: