Cara Memperkuat folikel rambut

folikel rambutFolikel merupakan sebuah kantung kecil yang dipenuhi dengan sel-sel kulit dan dibasahi dengan sebum yang dikeluarkan dari kelenjar minyak dengan tujuan melindungi rambut.

Sel mati bercampur minyak tersebut diolah sedemikian rupa lalu didorong keluar sehingga terbentuklah rambut, rambut sendiri terdiri dari keratin yaitu kumpulan protein mati.

Oleh sebab itu, agar rambut kuat maka mau tidak mau folikel juga harus kuat. Karena folikel terdiri dari sel tubuh kita maka faktor makanan dan gaya hidup berperan penting terhadapnya.

Berikut adalah cara memperkuat folikel rambut seperti dikutip dari beberapa sumber ahli yang telah lama menekuni bidangnya.

1. Perbanyak asupan zat besi

Seperti telah dinyatakan pada kesempatan terdahulu bahwa zat besi diperlukan agar suplai darah ke folikel dapat berjelan sebagaimana mestinya, jika suplai tersebut lancar maka nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan oleh folikel dapat terpenuhi dengan baik.

Sebaliknya jika peredaran darah pada kulit kepala mengalami gangguan maka semua nutrisi dan vitamin yang kita dapatkan dari makanan tidak dapat dialirkan ke folikel.

Akibatnya folikel akan mengalami kekurangan gizi sehingga membuatnya rusak dan rapuh.

2. Cukupi semua kebutuhan vitamin

Vitamin A, B, C, D dan E sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk memastikan kondisi badan kita tetap sehat, vitamin-vitamin tersebut bisa kita peroleh dari sayuran, buah-buahan dan lemak sehat.

Untuk mengetahui lebih jelas tentang point ini, silahkan baca kembali artikel berikut [Baca: Vitamin yang dibutuhkan oleh rambut].

3. Perbaiki asupan protein harian

Seperti dijelaskan di atas bahwa rambut merupakan sekumpulan protein mati, oleh karenanyalah kita harus mengkonsumsi makanan berprotein tinggi agar semua kebutuhan protein harianĀ  terpenuhi.

Jika protein terpenuhi maka folikel akan lebih sehat sehingga rambut dapat tumbuh dan berkembang lebih kuat lagi.

Sumber penting yang dapat kita jadikan sebagai sumber protein seperti telur, produk susu rendah lemak, daging ayam kalkun dan lain sebagainya.

4. Penuhi kebutuhan zinc

Zinc bekerja untuk mengikat protein sehingga folikel lebih kuat, zat ini biasa kita temukan dalam daging atau makanan laut lainnya. Selain itu, zinc juga menjaga kelenjar minyak yang produknya akan digunakan untuk melumasi rambut.

Untuk banyaknya zinc yang dibutuhkan setiap harinya, para ahli memberikan batasan yang berada di kisaran 11 mg. Ini dilakukan untuk menghindari gangguan penyerapan mineral lain oleh tubuh ketika kadar zinc terlalu tinggi.

5. Minum 8 gelas air perhari

Meskipun peranannya seringkali tidak disadari oleh kebanyakan orang, namun dibalik itu semua air merupakan produk alami yang membantu pertumbuhan dan perkembangan rambut sehat.

Saat seseorang kekurangan cairan, maka tubuh akan mengalami dehidrasi dan kelembabannya akan hilang. Bila hal ini terus terjadi dan dibiarkan begitu saja maka lama-kelamaan folikel akan mati dan pertumbuhan akan terhenti.

Dengan memenuhi lima kebutuhan di atas, diharapkan folikel rambut dapat terus sehat sehingga rambut yang kita miliki bisa lebih sehat dan kuat.

tags: