Cara mempercepat pertumbuhan rambut

mempercepat pertumbuhan rambutPenipisan dan kerontokan yang terjadi pada rambut seringkali diakibatkan oleh kesalahan kita sendiri, terlalu lama berada di bawah terik matahari, mengkonsumsi makanan minim gizi dan penggunaan tatanan rambut yang tidak dianjurkan menjadi beberapa kesalahan yang sering kita perbuat.

Efeknya langsung bisa kita rasakan mulai dari kerontokan tidak wajar, penpisan rambut serta pertumbuhan menjadi sangat lambat bahkan kadang berhenti sama sekali.

Persoalan ini tentu saja tidak bisa kita biarkan begitu saja, harus ada langkah kongkrit untuk mengatasi masalah tersebut sekaligus mencegah semakin bertambah parahnya gangguan itu.

Jika semua cara telah kita coba namun belum menunjukkan hasil maka kemungkinan kita salah mengambil solusi, rubah dan cobalah beberapa tips berikut untuk mengatasi masalah yang sedang kita hadapi.

Berikut adalah cara mempercepat pertumbuhan rambut dengan menggunakan bahan tradisional seperti dikutip dari berbagai sumber.

Bahan serta peralatan

Kita membutuhkan bahan di bawah ini agar usaha dan maksud kita dapat tercapai:

  • Satu siung bawang putih atau bawang merah
  • Satu sendok makan madu
  • Satu buah wadah berukuran kecil

Hampir semua bahan di atas ada di dapur kita, selain mudah didapat, bahan tersebut juga sama sekali tidak membahayakan kulit kepala sehingga tidak perlu khawatir terhadap efek sampingnya.

Langkah dan cara pembuatan

Pertama kita bersihkan dulu bawang tersebut lalu parut sampai menghasilkan 3 sendok makan parutan bawang. Kandungan mineral penting dan sulfur di dalamnya membuat pertumbuhan rambut lebih subur.

Seperti dilansir dari beberapa pakar, kandungan sulfur dalam kolagen berguna untuk mencegah kerontokan sekaligus mempercepat pertumbuhan rambut yang lebih sehat.

Teori ini dikuatkan dengan hasil penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Dermatology pada tahun 2002, 86% pasien kerontokan mendapati pertumbuhan lebih subur pada rambut setelah memanfaatkan bawang.

Setelah kita memiliki parutan bawang, masukkan ke dalam wadah lalu campurkan madu ke dalamnya. Aduk sampai rata dengan tangan kemudian terapkan pada rambut secara merata.

Madu memiliki sifat antijamur, antibakteri dan antioksidan yang membantu rambut tumbuh lebih sehat sekaligus memberikan kelembaban pada kulit kepala.

Tunggu selama 60 menit lalu bilas sampai bersih dengan air dingin, kita juga bisa menggunakan shampoo bayi agar semua kotoran dan noda bawang dapat dibersihkan.

Selain dioleskan, usahakan untuk mengkonsumsi bawang dan madu setiap hari sebagai usaha pengobatan yang kita lakukan dari dalam. Cukup masukkan kedua bahan alam tersebut ke masakan.

Hindari pula makanan berkalori tinggi dan mengandung lemak jenuh untuk mencegah gangguan pada sistem metabolisme tubuh yang pada akhirnya dapat mengganggu proses pertumbuhan rambut.

Biasakan untuk selalu memperhatikan kandungan gizi dari makanan yang kita konsumsi untuk menghindari kekurangan gizi yang dapat merusak kesehatan folikel.

tags: