Cara Memperbaiki Folikel Rambut

memperbaiki folikel rambutKekuatan akar rambut sangat bergantung pada kesehatan folikel rambut, namun seiring bertambahnya usia seseorang maka kekuatan folikel tersebut akan semakin menurun.

Memburuknya kondisi folikel bisa juga diakibatkan oleh berbagai hal seperti penggunaan hair dryer secara berlebihan, kekurangan vitamin, produksi minyak berlebih pada kulit kepala sehingga menyumbat folikel, faktor lingkungan dan lain sebagainya.

Akibatnya rambut akan mengalami kerusakan seperti kerontokan dan penipisan rambut, apabila kerusakan ini tidak segera diperbaiki maka dapat berakibat pada kebotakan permanen.

Cara terbaik untuk mencegah bertambah parahnya kerusakan tersebut, diperlukan langkah tepat untuk segera memperbaiki kerusakan folikel.

Cara memperbaiki folikel rambut tidak sesulit apa yang orang bayangkan selama ini, namun memang membutuhkan waktu sedikit lebih lama dan kesabaran saat melakukannya.

Lalu apa saja cara yang bisa ditempuh untuk mengatasi kerusakan tersebut? Berikut ini merupakan langkah dan cara memperbaiki folikel rambut seperti dikutip dari beberapa sumber.

Bahan yang dibutuhkan

  • Scrub garam
  • Sampo yang terdiri dari minyak esensial
  • Suplemen biotin
  • Kondisioner yang mengandung minyak alpukat atau minyak kelapa

Scrub garam bisa dibuat sendiri, caranya cukup campurkan garam secukupnya ke dalam air hangat. Kenapa hal ini perlu dilakukan? Karena menurut Francesca Fusco, M.D, kandungan magnesium yang terdapat dalam garam dapat memulihkan kondisi folikel yang rusak.

Jika semua bahan di atas telah siap, kini ikuti beberapa langkah mudah di bawah ini. Pastikan anda melakukan semua tahapan dengan benar supaya hasilnya maksimal.

Tahap 1

Pastikan untuk mengkonsumsi suplemen biotin setiap hari secara teratur, biotin adalah jenis vitamin yang berguna untuk memperbaiki kerusakan folikel rambut sekaligus menjaganya agar tetap sehat.

Suplemen ini bisa didapat di apotik dan toko terdekat, namun disarankan untuk mengkonsultasikannya terlebih dahulu dengan dokter sebelum mulai menggunakannya.

Tahap 2

Siapkan garam dapur secukupnya dan masukkan ke dalam mangkuk, campurkan air hangat ke dalamnya dan aduk selama beberapa detik. Tuangkan ke telapak tangan dan oleskan pada kulit kepala lalu lakukan pemijatan selama beberapa menit.

Gunakan ujung jari saat melakukan pemijatan, pastikan pemijatan dilakukan di seluruh bagian kulit kepala. Langkah ini bukan hanya berguna untuk memperbaiki folikel rambut yang telah rusak, namun juga meningkatkan peredaran darah di kulit kepala sehingga semua nutrisi dan vitamin bisa dialirkan ke bagian tersebut.

Setelah pemijatan selesai dilakukan, maka lanjutkan dengan membilas rambut dengan air bersih.

Tahap 3

Langkah ketiga yang perlu dilakukan adalah membasuh rambut menggunakan sampo yang terdiri dari minyak esensial, langkah ini dilakukan agar sirkulasi darah pada kulit kepala menjadi lancar, membersihkan semua kotoran yang menempel.

Pastikan anda melakukannya dengan benar, bila belum jelas, silahkan baca petunjuk penting di halaman ini (Baca: Tips menggunakan sampo dengan benar).

Tahap 4

Setelah tahap ketiga selesai, kini oleskan kondisioner yang terdiri dari minyak kelapa atau minyak alpukat. Kondisioner jenis ini berguna untuk melembabkan kulit kepala dan memberikan nutrisi tambahan.

Oleskan secara merata ke semua bagian rambut dan kulit kepala lalu diamkan selama lima menit, bilas sampai bersih dengan air dingin.

Tips tambahan

Jangan gunakan handuk atau kain apapun untuk emngeringkan rambut, usahakan untuk membiarkan rambut mengering dengan bantuan udara alami.

Hindari pula penggunaan hair dryer selama masa perawatan berlangsung, hal ini bertujuan agar kelembaban rambut tidak hilang sehingga kesehatannya bisa tetap terjaga dengan baik.

Itulah empat cara memperbaiki folikel rambut yang telah rusak, pastikan untuk melakukan semua langkah yang sudah dijelaskan di atas.

tags: ,