Cara memilih produk perawatan kulit yang tepat

memilih produk perawatan kulitSudah bukan hal aneh lagi jika kita sering mengoleksi berbagai macam produk untuk perawatan, kebiasaan ini sudah kita mulai semenjak masa remaja dulu dan berlangsung hingga sekarang.

Tidak ada salahnya menggunakan produk komersi tersebut, namun ada hal yang harus dipertimbangkan mengenai cocok atau tidaknya produk tersebut bagi kulit.

Kita tentu sering mendengar berbagai keluhan wanita yang tiba-tiba kulitnya mengalami kerusakan setelah menggunakan makeup atau kosmetik yang baru saja dibelinya, ini menunjukkan bahwa jenis kulit yang dimiliki tidak cocok dengan senyawa dan zat dalam produk tersebut.

Kerusakan yang ditimbulkan bisa bersifat sementara ataupun permanen, beberapa diantaranya seperti peradangan, iritasi, gejala alergi dan menjadi kemerahan.

Hal tersebut sebenarnya bisa dihindari jika kita tahu tahapan dan cara dalam memilih suatu makeup atau kosmetik, sayangnya banyak wanita yang hanya membeli tanpa memperhatikan hal-hal penting yang seharusnya tidak boleh dilupakan.

Berikut adalah cara memilih produk perawatan kulit yang cocok dan aman untuk digunakan pada kulit kita tanpa menimbulkan efek samping.

1. Belilah sesuai kebutuhan

Jangan pernah membeli produk yang sebenarnya tidak atau belum kita butuhkan, menyimpan makeup atau kosmetik untuk digunakan dikemudian hari bukanlah ide yang baik.

Setiap produk tentu memiliki tanggal kadaluarsa dan perubahan secara materi dan komposisi seiring berjalannya waktu, jika ini digunakan pada kulit maka dapat menyebabkan kerusakan parah.

Selain itu meminimalisir penggunaan produk-produk tersebut juga dapat menekan kemungkinan terjadinya iritasi dan masalah lain.

2. Perhatikan kandungannya

Pastikan sebelum membeli kita memperhatikan terlebih dahulu apa saja isi dan kandungannya. Jika pelembab yang sedang kita cari dan kebetulan kulit kita berminyak, maka carilah pelembab yang berbasis cair dan tidak mengandung minyak.

Berbeda jika kuit kita termasuk kering maka tidak menjadi soal menggunakan pelembab yang mengandung minyak. Pemilihan ini dilakukan untuk mengurangi resiko kerusakan dan mencegah hal-hal buruk lainnya.

Jangan lupa pula untuk menghindari semua produk yang mengandung bahan-bahan berbahaya, silahkan baca di sini untuk mengetahui senyawa berbahaya tersebut [Baca: Zat yang harus dihindari dalam perawatan kulit].

3. Hindari produk yang mengandung wewangian

Wewangian dalam produk perawatan adalah sumber atau pemicu utama masalah alergi dan peradangan, kita bisa dengan mudah mengetahuinya saat membuka tutup kemasannya.

Jika ada bau wangi yang tidak biasa maka ini berarti produsen memasukkan parfum ke dalam produk buatannya, hindari dan tinggalkan produk seperti itu karena dapat membahayakan kondisi kita kedepannya.

4. Jangan tertipu harga

Jangan mudah tergiur dengan produk murah, meskipun banyak produk murah di pasaran dan terbukti memiliki khasiat tinggi namun kita tetap memperhitungkan semua aspek di dalamnya.

tags: