Cara Memilih Pelembab – Rekomendasi Para Ahli

cara memilih pelembabSalah satu produk yang wajib dimiliki oleh para wanita adalah pelembab, produk ini berfungsi untuk menjaga kelembaban kulit agar terhindar dari berbagai masalah seperti kulit kering, pecah-pecah dan lain sebagainya.

Namun perlu diingat, tidak semua produk pelembab bisa digunakan oleh semua wanita. Untuk itu diperlukan ketelitian sebelum membeli dan menggunakannya.

Ikuti panduan cara memilih pelembab berikut ini, agar kulit mendapatkan manfaat maksimal dari produk tersebut dan terhindar dari masalah.

Kulit normal

Jenis kulit ini cenderung mudah beradaptasi dengan berbagai produk. Metode perawatan yang tidak rumit dan tidak mudah terkena masalah. Namun saat memilih produk perawatan tertentu seperti pelembab, tetap diperlukan kehati-hatian agar hasil yang kita dapatkan bisa lebih maksimal.

Produk pelembab yang paling cocok untuk jenis kulit ini adalah setiap produk yang bersifat lembut dan tidak mengeringkan. Artinya, produk tersebut bisa berbasis cair atau berbasis minyak, namun tidak mengandung zat yang dapat mengeringkan kulit.

Kulit sensitif atau kering

Persamaan kedua jenis kulit ini adalah mudah terkelupas dan terkena iritasi, oleh sebab itu gunakan pelembab yang mengandung bahan menenangkan dan sejuk dipakai. Selain itu carilah pelembab yang memiliki fungsi lebih dalam mengikat kadar air dari udara, biasanya produk ini berbasis minyak.

Berminyak atau kombinasi

Persamaan antara kulit berminyak dan kulit kombinasi adalah area dahi dan hidung yang cenderung berminyak, kelebihan minyak ini dapat mengganggu pori-pori kulit dan memudahkan terjadinya penyumbatan pada pori.

Kita tahu bahwa penyebab utama jerawat adalah tersumbatnya pori-pori oleh minyak berlebih dan sel kulit mati. Untuk itu pelembab yang dibutuhkan untuk kedua jenis kulit ini adalah produk pelembab yang berbasis cair.

Jangan pernah gunakan produk perawatan berbasis minyak karena dapat memperburuk keadaan. Perhatikan selalu pada label produk tersebut agar tidak salah dalam memilih.

Cara penggunaan

Setelah selesai mandi dan telah mengering, tuangkan pelembab ke telapak tangan lalu oleskan secara merata ke bagian wajah dan leher. Lakukan sedikit pemijatan dengan ujung jari untuk memastikan produk tersebut dapat diserap oleh kulit. Lakukan langkah ini secara perlahan dan jangan menggosokkan ujung jari.

Penggunaan produk pelembab yang benar dapat meningkatkan kecerahan kulit kita, oleh karenanya pastikan selalu untuk mengikuti rekomendasi para ahli berikut ini:

  • Minum air putih setelah bangun tidur agar seluh racun dalam tubuh dapat dikeluarkan
  • Pilih produk pelembab yang cocok dengan jenis kulit masing-masing, perhatikan kembali pembahasan di atas
  • Kurangi penggunaan air hangat saat mandi karena dapat mengurangi kelembaban kulit

Tips di atas bukan hanya berlaku bagi wanita, namun juga untuk pria. Ikuti semua langkah yang telah diuraikan, niscaya kulit akan tetap lembab dan lebih cerah.

tags: