Cara memilih kondisioner yang tepat

cara memilih kondisionerKondisioner tidak bisa dilepaskan dari perawatan rambut, oleh sebab itu banyak salon yang menerapkan kondisioner pada rambut clientnya sebelum melakukan berbagai perawatan seperti rebonding, mewarnai dan penataan gaya tertentu.

Namun sebelum mulai menggunakan kondisioner, ada baiknya kita mengetahui kondisioner seperti apa yang kita butuhkan dan cara untuk memilih produk yang tepat.

Berikut ini adalah cara memilih kondisioner seperti dikutip dari beberapa pakar rambut dan media online.

Perhatikan jenis rambut

Hal pertama yang harus kita perhatikan adalah mengetahui jenis rambut seperti apa yang kita miliki sekarang, hal ini untuk memudahkan kita dalam memilih mana produk seperti apa yang paling cocok dan baik.

Jika rambut kita tergolong kering maka pilihlah produk kondisioner yang mengandung pelembab, pemilihan yang salah akan berdampak pada kerontokan dan kerusakan.

Lakukan pergantian merk kondisioner

Mungkin kita sering mendengar kalimat berikut ‘jangan terlalu sering berganti-ganti produk karena kurang baik’, kalimat tersebut sering dikeluarkan dalam kaitannya dengan penggunaan sampo, sabun ataupun produk perawatan lainnya.

Namun khusus untuk kondisioner, maka para ahli justru menganjurkan sebaliknya. Usahakan untuk mengganti merk kondisioner setiap beberapa bulan sekali.

Alasan dibalik ini adalah kadang-kadang rambut akan mengalami kerusakan jika terus menerus menerus menggunakan formula tertentu dalam kurun waktu lama.

Untuk menghindari hal tersebut tentu saja dengan mengganti merk kondisioner, karena dalam setiap merk pasti menggunakan formula berbeda-beda.

Kedua langkah di atas sebenarnya sudah cukup untuk dijadikan sebagai bahan pijakan dalam memilih produk yang tepat, teori di atas juga mungkin berlaku dalam pemilihan produk lainnya.

Selain penggunaan produk kondisioner komersil, kita juga bisa menggunakan bahan alami sebagai pengganti produk tersebut. Salah satu contohnya adalah minyak zaitun, selain dapat melembabkan minyak ini jga dikenal mampu melembutkan rambut.

Efek ini adalah efek yang biasa kita temukan dalam sebuah kondisioner, untuk mengetahui bagaimana cara menggunakan minyak ini silahkan baca kembali beberapa artikel kami lainnya.

Minyak esensial

Minyak zaitun termasuk ke dalam kelompok minyak esensial dan dianggap memiliki keampuhan dan khasiat yang tidak kalah dengan produk komersil lainnya. Oleh sebab itu pilihlah produk kondisioner yang mengandung salah satu minyak esensial bila rambut kita kering atau kusam.

Dengan menggunakan produk tersebut maka bukan hanya mudah diatur namun juga dapat menyehatkan. Point ini sekaligus menjelaskan bahwa penting bagi kita untuk mengetahui bahan apa saja yang ada dalam produk tersebut.

Jangan pernah memakai produk yang kita sendiri tidak mengetahui kandungan produk tersebut, baca baik-baik label pada kemasannya lalu cari informasi di internet mengenai senyawa yang terdapat dalam produk perawatan tersebut.

Meskipun sedikit lebih rumit namun demi keamanan dan keselamatan kita maka hal itu layak untuk dilakukan.

tags: