Cara memijat kulit kepala

memijat kulit kepalaPertumbuhan rambut sehat dimulai dari kulit kepala yang sehat, dengan kulit kepala sehat, folikel dapat terhindar dari bahaya penyumbatan akibat tumpukan minyak berlebih.

Penyumbatan dan kerusakan pada folikel bukan hanya dapat menghambat proses pertumbuhan rambut, namun juga dapat menyebsbksn kerontokan permanen.

Oleh karenanya, kesehatan rambut sangat berhubungan erat dengan kulit kepala. Untuk memastikan agar tetap sehat dan ternutrisi dengan baik maka hal pertama yang musti dipenuhi adalah peradaran darah dalam keadaan lancar.

Selain dengan mengkonsumsi vitamin seperti B12 atau zat besi, kita juga bisa meningkatkan sirkulasi darah dengan melakukan pemijatan pada area tersebut.

Pemijatan yang dilakukan dengan benar efektif dalam mencegah, menghentikan sekaligus mengatasi rambut rontok. Teori ini telah sering kita bahas dalam beberapa kesempatan terdahulu [Baca: Cara mencegah rambut rontok].

Agar pemijatan yang kita lakukan dapat mendatangkan efek positif bagi folikel dan rambut, silahkan ikuti beberapa panduan di bawah ini.

Berikut ini adalah langkah dan cara memijat kulit kepala seperti yang telah diajarkan oleh banyak pakar kesehatan dan kecantikan rambut internasional.

1. Menggunakan minyak rosemary

Minyak rosemary dapat digunakan untuk mengurangi minyak berlebih yang berpotensi menyumbat folikel dan mengganggu pertumbuhan rambut sehat.

Selain dapat mengurangi minyak berlebih pada folikel, minyak ini juga diketahui dapat mengurangi perkembangbiakan bakteri dan kuman yang dapat mengiritasi kulit dan menyebabkan masalah ketombe.

Tuangkan sedikit minyak rosemary ke telapak tangan lalu lakukan pemijatan dengan gerakan melingkar selama beberapa menit lalu bilas hingga bersih.

Lakukan tips di atas setiap pagi dan menjelang tidur untuk memastikan sirkulasi darah tetap dalam keadaan normal.

2. Gunakan shampoo pelembab

Shampoo pelembab kita gunakan bukan hanya melembabkan kulit namun juga dimanfaatkan untuk mengangkat semua sisa minyak yang sebelumnya kita gunakan untuk pemijatan.

Tuangkan sedikit air hangat lalu basahi semua helai rambut, setelah itu gunakan shampoo pelembab yang mengandung ekstrak alpukat. Lakukan lagi pemijatan cara yang hampir sama seperti telah dinyatakan di atas.

Setelah proses ini selesai bilas dengan air dingin lalu keringkan dengan handuk lembut.

3. Pengelupasan

Langkah ini hanya dilakukan setidaknya satu kali seminggu. Siapkan satu sendok makan kondisioner yang mengandung protein dan antioksidan, satu sendok makan minyak cengkeh dan kacang almond yang telah dihaluskan.

Campurkan semua bahan tersebut jadi satu lalu aduk hingga merata. Terapkan ke kepala sambil melakukan pemijatan kemudian bilas hingga bersih dengan air dingin atau hangat.

Jalankan semua tips tersebut selama beberapa minggu ke depan agar kulit kepala dapat kembali sehat dan kerontokan dapat dicegah sedini mungkin.

Langkah tersebut juga diketahui dapat menumbuhkan kembali rambut yang telah mengalami kerontokan, teori ini juga sebenarnya sudah kita bahas dalam artikel sebelumnya [Baca: cara menumbuhkan rambut secara alami].

tags: