Cara membuat scrub wajah

membuat scrubScrub diperlukan agar sel kulit mati serta minyak berlebih yang berpotensi menyumbat pori-pori dapat terangkat secara keseluruhan, jika kulit mati dan minyak tersebut tidak terangkat dengan benar maka komedo dan jerawat akan mudah menyerang.

Jerawat dan komedo merupakan gangguan utama kulit yang paling sering menyerang manusia, jika tidak segera ditangani dengan baik maka dapat menimbulkan kerusakan pada kulit wajah.

Dan salah satu penyebab utama munculnya jerawat serta komedo adalah penumpukan minyak serta sel kulit mati yang terangkat ke permukaan kulit karena proses oksidasi dan infeksi bakteri.

Oleh sebab itu, penting kiranya untuk selalu membersihkan wajah dari berbagai noda dan kotoran agar jaringan kulit baru mampu berkembang dengan baik dan terhindar dari masalah klasik tersebut.

Scrub adalah salah satu metode ampuh yang telah digunakan sejak dulu untuk membersihkan minyak dan kulit mati dari pori-pori.

Berikut ini merupakan 2 cara membuat scrub wajah untuk mengangkat kulit mati dan membersihkan minyak agar terhindar dari komedo dan jerawat.

1. Scrub agar-agar

Scrub ini bukan saja dapat mencegah masalah kulit, namun juga sangat efektif dalam mencegah munculnya tanda penuaan seperti kerutan dan garis halus di sekitar mulut, dahi dan pipi.

Bahan-bahan yang dibutuhkan tidak sulit untuk didapat, semuanya bisa kita peroleh dengan mudah di sekitar kita, berikut beberapa bahan yang kita perlukan:

  • Satu sendok teh madu
  • Bubuk agar-agar secukupnya
  • 10 tetes cairan jeruk lemon atau nipis
  • Kuning telur

Cara pembuatan

Masukkan madu ke dalam kuning telur lalu aduk sampai berbusa, campurkan ke dalamnya tetesan jeruk nipis yang telah kita siapkan sebelumnya lalu aduk kembali hingga rata.

Terakhir, campurkan bubuk agar-agar ke dalam adonan tadi lalu aduk kembali sampai benar-benar rata dan menyatu.

Terapkan pada wajah dan tunggu 30 menit lalu bilas noda scrub tersebut dengan air hangat dan keringkan dengan kain lembut.

Langkah ini baik untuk dilakukan 2 kali seminggu, jalankan secara teratur agar kulit wajah kita tetap segar dan sehat.

2. Scrub kacang almond

Untuk membuat scrub ini kita hanya perlu menyiapkan dua jenis bahan dasar, bahan yang dibutuhkan sangat mudah kita dapatkan. Bahan-bahan tersebut meliputi:

  • Susu cair ( Lebih diutamakan susu mentah )
  • Kacang almond, jumlah yang diperlukan tergantung kebutuhan masing-masing orang

Langkah pembuatan

Haluskan kacang almond tersebut lalu masukkan ke dalam susu cair yang telah kita siapkan sebelumnya. Aduk sampai benar-benar rata lalu terapkan ke wajah.

Tunggu 15 menit lalu bersihkan dengan air dingin dan keringkan dengan handuk lembut. Sama seperti scrub agar-agar, kita dianjurkan untuk menjalankan tips tersebut sebanyak 2 kali seminggu agar kesehatan dan kecantikan kulit tetap terjaga.

tags: