Cara Membuat Sampo Untuk Rambut Kering

cara membuat sampo untuk rambut keringBagi anda yang bermasalah dengan rambut kering maka penggunaan sampo pelembab sangat diperlukan untuk mengembalikan kelembaban kulit kepala sekaligus mengurangi masalah tersebut.

Sayangnya tidak semua kulit kepala cocok dengan produk sampo tertentu, beberapa orang justru mengeluhkan rasa gatal, iritasi dan efek lainnya setelah menggunakan sampo tersebut.

Pengujian perlu dilakukan sebelum menggunakan produk yang sebelumnya belum pernah dicoba, langkah ini bertujuan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Jika anda tetap bingung memilih produk sampo mana yang tepat untuk rambut kering anda, maka tidak ada salahnya membuatnya sendiri. Silahkan ikuti langkah mudahnya di bawah ini.

Berikut ini adalah cara membuat sampo untuk rambut kering agar kulit kepala dan helaian rambut lebih lembab dan mudah diatur.

Bahan yang dibutuhkan

Tidak terlalu banyak bahan yang akan digunakan, dan hampir semuanya mudah didapat. Silahkan sediakan beberapa bahan berikut ini:

  • Gel lidah buaya
  • Mangkuk berukuran sedang
  • Minyak nabati
  • Gliserin
  • Corong
  • Pengaduk dari kawat (Opsional)

Sebagian bahan dan peralatan tersebut bisa kita dapatkan di sekitar kita, sedangkan beberapa lainnya bisa diperoleh di toko kelontong ataupun apotik.

Cara pembuatan

Tidak seperti yang dibayangkan orang selama ini, kita pun dapat membuat sampo seperti layaknya produsen besar di negeri ini. Kualitas dan manfaatnya pun tidak kalah dengan produk mereka, bahkan tingkat keamanannya pun lebih terjamin karena kita tahu betul bahan apa yang digunakan dalam pembuatannya.

Untuk membuatnya, silahkan ikuti tahapan-tahapan berikut ini:

  1. Masukkan seperempat gelas kecil lidah buaya ke dalam mangkuk
  2. Masukkan setengah sendok teh minyak nabati
  3. Aduk kedua bahan di atas hingga merata, pastikan gel lidah buaya lebih mengembang dan mencair
  4. Masukkan adonan tersebut ke dalam botol dan gunakan saat mandi

Sangat mudah bukan? Untuk melakukannya kita bahkan hanya membutuhkan beberapa menit saja.

Cara penggunaan

Cara menggunakan sampo ini tidak berbeda dengan menggunakan sampo lainnya, untuk mengetahui lebih detail silahkan baca panduannya di halaman berikut ini [Baca: Cara tepat menggunakan sampo].

Selain dengan menggunakan sampo, rambut kering juga bisa diatasi dengan menjalankan beberapa langkah mudah seperti menghentikan penggunaan hair dryer, tidak menggunakan air hangat saat membasuh rambut.

Pemijatan dengan minyak zaitun juga diperlukan guna memberikan kelembaban pada kulit kepala, cara ini dianggap sangat efektif dalam mengatasi rambut kering.

Hindari juga produk perawatan rambut atau sampo yang bersifat keras dan mengurangi kadar kelembaban, karena jika produk seperti ini terus digunakan maka tidak menutup kemungkinan masalah yang kita hadapi semakin bertambah parah.

tags: ,