Cara Membuat Pelembab Untuk Rambut Kering

cara membuat pelembab untuk rambut keringSalah satu cara untuk mengatasi rambut kering adalah dengan mengembalikan kelembabannya, metode yang bisa dilakukan untuk mencapai tujuan ini diantaranya adalah menggunakan krim rambut yang berfungsi untuk memberikan kelembaban.

Krim tersebut bisa diperoleh di toko kecantikan terdekat dengan harga yang relatif masih murah. Selain dengan menggunakan produk tersebut, kita juga bisa menggunakan bahan alami yang ada di sekitar kita.

Berikut adalah cara membuat pelembab untuk rambut kering seperti dikutip dari berbagai sumber.

1. Menggunakan minyak essensial

Seperti diketahui bahwa minyak esensial sering digunakan dalam dunia kecantikan untuk mengatasi berbagai masalah pada rambut maupun kulit. Salah satu manfaat minyak esensia tersebut adalah kemampuannya dalam memberikan kelembaban pada rambut dan kulit.

Adapun minyak yang masuk dalam kelompok ini meliputi minyak zaitun, minyak almond, minyak kelapa dan minyak jojoba. Silahkan pilih salah satu jenis minyak tersebut lalu tuangkan beberapa tetes ke telapak tangan.

Oleskan pada kulit kepala dan semua helaian rambut kemudian tutup atau bungkus dengan handuk kering. Diamkan selama 20 menit lalu bilas sampai bersih menggunakan sampo herbal atau air biasa saja.

Penggunaan minyak tersebut harus dilakukan setiap hari selama 7 sampai 14 hari kedepan, bila ini dilakukan dengan teratur maka hasilnya bisa kita buktikan sendiri.

2. Menggunakan madu

Selain menggunakan minyak esensial, kita juga bisa menggunakan madu. Madu dikenal dengan sifat anti mikroba dan anti bakterinya, jangan lupakan pula daya lembab yang diberikan oleh madu.

Karena madu cenderung sangat kental, maka cairkan terlebih dahulu sebelum menerapkannya ke rambut. Kita bisa menggunakan sedikit air hangat lalu mencampurkannya ke madu, aduk sebentar sampai sedikit mencair lalu oleskan ke kulit kepala, setelah 15 menit, bilas dengan air hangat.

Perlu diketahui bahwa madu bukan hanya mampu melembabkan rambut, namun juga ampuh dalam melembabkan kulit, cara penggunaannya tidak jauh berbeda yakni cukup oleskan pada kulit.

3. Mayones

Selain madu dan minyak esensial, perawatan rambut dengan menggunakan mayones juga sangat populer dan banyak dipilih orang. Cukup sediakan mayones secukupnya lalu campurkan dengan telur, oleskan pada kulit kepala dan diamkan selama 20 menit.

Bilas hingga bersih dengan sampo herbal agar bau dan bekas mayones tersebut hilang. Cara ini dilakukan selama 7 hari berturut-turut.

4. Buah alpukat

Ada dua cara yang bisa dilakukan ketika buah alpukat dipilih sebagai bahan dasar pembuatan pelembab rambut kering, pertama adalah dengan mencampurkan minyak esensial, madu dan mayones sekaligus atau cukup dengan alpukat. Cara penggunaannya tidak jauh berbeda dengan seluruh langkah di atas, kita hanya perlu mengoleskan buah ini pada kulit kepala dan diamkan selama 20 menit.

5. Telur

Bukan hanya putih telur saja yang akan digunakan, namun kuning telurnya juga. Ambil sebutir telur lalu pecahkan dan tuangkan isinya ke dalam mangkuk. Aduk sampai rata kemudian oleskan pada rambut dan biarkan selama 10 sampai 20 menit, bilas sampai bersih menggunakan sampo ringan agar bekas dan sisa telur tersebut bisa dihilangkan.

tags: