Cara Membuat Pelembab Rambut Alami

cara membuat pelembab rambutBertambahnya usia menjadi salah satu pemicu utama terhadap rambut kering, produksi minyak pada kulit kepala yang mulai menurun menjadi faktor utama kulit kepala menjadi lebih kering sehingga berimbas langsung pada berkurangnya kelembaban rambut.

Selain faktor usia, berbagai faktor eksternal dan internal juga tidak bisa diabaikan begitu saja, karena faktanya beberapa remaja putri maupun putra justru bermasalah dengan rambut kering karena pola hidup atau pola makan yang tidak sehat. Selain gaya hidup, radikal bebas yang disebabkan oleh paparan sinar matahari ikut memberikan andil besar terhadap hilangnya kelembaban kulit kepala dan rambut.

Hal terburuknya adalah ketika masalah tersebut berubah menjadi lebih parah dan memunculkan gangguan ketombe kronis. Dalam kondisi seperti ini kita diharuskan untuk megnambil langkah cepat untuk menyelesaikan masalah tersebut. Langkah pertama yang seyogyanya diambil adalah berusaha mengembalikan kelembaban pada kulit kepala.

Bisa dengan menggunakan produk pelembab rambut yang ada di pasaran atau membuat masker pelembab rambut sendiri di rumah. Alternatif terakhir cenderung lebih disarankan oleh para ahli karena alasan keamanannya.

Sudah bukan menjadi rahasia lagi bahwa dalam beberapa produk komersil kadang ditemukan berbagai bahan kimia yang justru membahayakan konsumennya, mereka cenderung menyelesaikan satu masalah namun memunculkan masalah lain.

Hal ini pernah kami bahas dalam banyak artikel yang telah diterbitkan pada beberapa bulan lalu baik di web sukawera maupun dalam media online lainnya.

Sebenarnya untuk membuat pelembab atau produk kecantikan di rumah tidak terlalu sulit, namun terkadang rasa malas yang membuat kita enggan mencobanya. Faktor lain yang membuat ini terasa makin sulit adalah ketersediaan bahan dasar yang akan digunakan.

Beberapa pembaca mengeluhkan tentang kesulitan mereka dalam menemukan bahan yang dibutuhkan, padahal sebenarnya kesulitan tersebut muncul karena beberapa orang justru mencari atau membeli bahan di tempat yang tidak tepat.

Untuk memudahkan pembaca dalam mencari bahan tersebut dan membuat produk pelembab rambut di rumah, kami sengaja membuat mempublikasikan tulisan ini.

Berikut ini adalah tahap-tahap dan cara membuat pelembab rambut alami dengan menggunakan beberapa bahan dasar yang mudah ditemukan di sekitar kita.

Bahan yang dibutuhkan

Semua bahan dasar ini bisa dengan mudah kita dapatkan di toko kelontong atau toko penjual makanan, harganya pun terbilang murah. Berikut bahan yang akan digunakan dalam pembuatan pelembab kulit kepala:

  • Setengah cangkir madu
  • Setengah cangkir yogurt
  • Satu sendok makan minyak almond, atau kita juga bisa menggantinya dengan minyak zaitun

Cara pembuatan

Setelah semua bahan tersebut tersedia, kini ikuti langkah mudah berikut ini:

  1. Masukkan semua bahan di atas ke dalam mangkuk kemudian aduk beberapa menit hingga benar-benar rata
  2. Oleskan adonan tadi ke seluruh bagian kulit kepala dan helaian rambut, pastikan rambut dalam keadaan basah sebelum mengoleskan masker tersebut dan gunakan sisir agar hasilnya lebih rata
  3. Diamkan selama kurang lebih 20 menit
  4. Bilas dan bersihkan dengan sampo ringan, jangan gunakan sampo anti ketombe.

Mudah bukan? Sangat sederhana dan hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja. Masker ini sangat aman dan cocok untuk jenis rambut apapun, dan kita tidak perlu khawatir dengan efek sampingnya karena bahan yang digunakan 100% bahan alam dan tidak berbahaya.

tags: