Cara membuat masker tepung

membuat masker tepungTepung adalah bagian dari keseharian kita, banyak makanan yang dibuat atau diolah menggunakan bahan dasar tersebut. Meskipun telah sejak dulu dikenal namun sebagian besar masyarakat hanya mengetahui manfaat tepung ini untuk mengolah makanan saja.

Faktanya tepung mengandung banyak senyawa yang baik untuk tubuh terutama kulit, tentu saja dengan ukuran dan batasan yang berlaku. Bila tepung ini dikonsumsi dalam jumlah besar dapat memicu kegemukan dan masalah kesehatan lainnya.

Jika diterapkan langsung pada kulit dengan ditambahkan beberapa bahan lainnya maka dapat mengobati masalah iritasi pada kulit seperti ruam, bercak merah, gatal-gatal dan masih banyak lagi lainnya.

Tepung juga bisa dijadikan sebagai pengganti bedak untuk bayi, bentuknya yang lembut dan mampu menghangatkan membuatnya dikenal aman untuk dioleskan pada semua jenis kulit.

Perlu diketahui bahwa tidak sedikit produsen yang menggunakan bahan ini dalam produk perawatan mereka, umumnya tepung digunakan dalam pembuatan masker atau lotion yang dirancang untuk mengendalikan minyak berlebih dan juga pembesaran pori-pori.

Dari pemaparan di atas bisa kita ketahui bahwa penggunaan masker tepung ditujukan untuk mengatasi kulit berminyak dan mengecilkan pori-pori.

Berikut adalah beberapa langkah atau cara membuat masker tepung seperti dikutip dari beberapa narasumber.

Bahan yang dibutuhkan

  • Satu sendok tepung
  • Air secukupnya
  • Dua tetes madu

Tepung yang kita gunakan adalah tepung jagung, bukan tepung lainnya. Bahan ini mudah didapat di toko penjual makanan baik di pasar tradisional maupun di super market.

Langkah

Siapkan sebuah mangkuk berukuran kecil kemudian masukkan tepung jagung ke dalamnya. Campurkan air dan madu ke dalamnya lalu aduk beberapa saat sampai adonan tersebut rata.

Cara pakai

Sebelum menggunakan masker ini, dianjurkan untuk membersihkan wajah terlebih dahulu menggunakan produk pembersih yang biasa kita gunakan. Bila masih ragu dengan produk tersebut maka kita bisa membuat produk pembersih yang lebih aman dengan menggunakan bahan-bahan alami.

Silahkan baca di sini untuk panduan dan tahapan lengkapnya [Baca: Cara membuat masker pembersih wajah]. Setelah wajah dibersihkan, kita tunggu sampai kering baru kemudian oleskan masker tadi ke seluruh bagian wajah.

Tunggu selama 10 sampai 20 menit sampai masker mengering lalu bersihkan dengan air hangat. Lakukan tips ini sebanyak 3 kali seminggu untuk mengurangi produksi minyak berlebih sekaligus mengecilkan pori-pori.

Selain digunakan untuk dua tujuan di atas, tepung jagung juga bisa kita manfaatkan untuk mengatasi masalah iritasi. Caranya hampir mirip dengan langkah-langkah di atas.

Kita hanya membutuhkan bubuk tepung jagung, namun sebelum mengoleskannya pada bagian yang mengalami iritasi atau gatal-gatal terlebih dahulu bersihkan bagian tersebut dengan air.

Hindari menggosok bagian tersebut dengan handuk, biarkan kering dengan sendirinya atau gunakan kipas angin untuk mempercepat pengeringan. Setelah bagian tubuh yang bermasalah tersebut telah benar-benar kering, oleskan tepung jagung secara merata dan tunggu sampai 20 menit.

Jika masalah iritasi atau gatal-gatal tersebut bukan disebabkan oleh infeksi jamur maka satu atau dua kali pemakaian dapat segera teratasi. Namun bila iritasi diakibatkan oleh infeksi jamur maka tepung jagung bukanlah solusi.

Oleh sebab itu identifikasi cermat sangat dibutuhkan agar langkah atau usaha yang kita lakukan tidak mengalami kegagalan. Masih banyak khasiat lain yang belum sempat dijelaskan di halaman ini, namun pada kesempatan lain akan kita lanjutkan kembali topik ini.

Jika masih ada pembaca yang kurang begitu mengerti dengan pemaparan di atas, silahkan kirimkan pertanyaan anda melalui emailo atau halaman kontak yang telah disediakan.

tags: