Cara membuat masker teh hijau

membuat masker teh hijauSama halnya dengan kopi, teh hijau biasa kita gunakan sebagai minuman untuk mengawali hari dan mengakhirnya. kita biasa meminum minuman ini dikala pagi dan sore hari.

Berbagai penelitian telah dilakukan untuk menguak tentang manfaat yang dikandung dalam teh jenis ini, manfaat tersebut dituangkan dalam berbagai jurnal dan artikel kesehatan.

Teh hijau dikenal memiliki antioksidan kuat sehingga sangat baik untuk mencegah berbagai penyakit, selain itu sifat antibakteri dan jamur di dalamnya bisa kita gunakan untuk mencegah masalah jerawat dan gangguan kulit lainnya.

Oleh sebab itu banyak kalangan menganjurkan kita untuk tidak saja meminumnya secara teratur, namun juga mengaplikasikannya pada kulit secara langsung.

Penggunaan teh pada kulit secara langsung bisa dilakukan dengan menggunakan masker yang salah satu bahan utama dalam pembuatannya adalah teh hijau.

Berikut adalah cara membuat masker teh hijau seperti dikutip dari beberapa ahli kecantikan kulit ternama.

Bahan-bahan

  • Satu kantong teh hijau
  • Satu sendok teh madu
  • Mangkuk kecil
  • Handuk atau lap bersih

Langkah dan tahap pembuatan

Masukkan teh ke dalam mangkuk kecil dan haluskan dengan sendok atau peralatan lain. Usahakan kita mendapatkan teh dalam bentuk yang sangat halus agar mudah kita gunakan.

Setelah benar-benar halus, campurkan ke dalamnya satu sendok teh madu dan aduk sampai rata sehingga akan terbentuk pasta. Kini kita telah mendapatkan masker teh yang sudah siap untuk digunakan.

Sebelum mengenakannya, terlebih dahulu bersihkan wajah kita dengan menggunakan pembersih wajah yang telah biasa kita gunakan, cuci sampai bersih dan keringkan dengan handuk kering.

Setelah itu oleskan secara merata ke seluruh wajah sambil sesekali melakukan pemijatan ringan, hindari area mata untuk mencegah terjadinya hal yang tidak kita inginkan.

Tunggu selama 20 menit atau sampai mengering lalu bilas dengan air sampai semua noda dan bekas masker dapat dihilangkan. Untuk mendapatkan hasil terbaik, gunakan sedikitnya 3 kali seminggu.

Wajah akan terlihat lebih segar dan bebas minyak serta jerawat, penggunaan secara teratur juga diketahui ampuh dalam mencegah munculnya penuaan dini akibat paparan sinar matahari.

Tips tambahan yang sayang untuk dilewatkan adalah penggunaan minyak melati, minyak melati bisa kita masukkan ke dalam masker tersebut untuk menambah daya lembab.

Meskipun demikian tidak semua jenis kulit akan cocok dengan resep ini, untuk kulit sensitif terutama, jangan aplikasikan masker ini langsung pada wajah.

Oleskan terlebih dahulu ke bagian dagu dan tunggu beberapa saat. Bila tidak menimbulkan hal-hal buruk maka kita bisa menerapkannya pada wajah secara keseluruhan.

Namun bila ternyata menemukan efek samping seperti gatal-gatalk, iritasi dan peradangan maka hentikan penggunaan dan berpindah pada masker lainnya yang bisa di baca di halaman berikut ini [Baca: Kumpulan resep masker wajah].

tags: