Cara membuat masker tanah liat

membuat masker tanah liatSaat baru pertama kali mendengarnya kita tentu heran, apakah benar tanah liat bisa digunakan untuk membuat masker? Kalaupun bisa apa saja manfaat yang bisa didapat darinya.

Pertanyaan-pertanyaan seperti itu pasti ada di benak para pembaca sekalian sekarang ini, sebenarnya tanah yang dimaksud bukan tanah liat biasa, tapi tanah yang lebih dikenal dengan nama bentonit.

Lalu bentonit sendiri seperti apa dan dimanata kita bisa mendapatkannya? Dilansir dari wikipedia bahwa bentonit merupakan tanah yang proses pembentukannya berasal dari abu vulkanik.

Memiliki kandungan yang memungkinkan untuk digunakan dalam pembuatan keramik, kosmetik dan semen. Untuk memperoleh bahan ini tidaklah susah, kita hanya perlu mendatangi toko pertanian dan tanyakan bentonit.

Dengan harga sangat murah berkisar antara 4000 sampai 5000 saja kita sudah bisa memanfaatkannya untuk berbagai keperluan dalam hal kecantikan dan perawatan kulit wajah.

Bila tanah liat jenis ini digunakan untuk masker maka diketahui dapat mencerahkan wajah, meringankan iritasi dan lecet serta mengeringkan bekas luka.

Berikut ini adalah cara membuat masker tanah liat untuk membuat wajah semakin terlihat cerah dan segar dan membantu mengurangi tanda penuaan.

Bahan yang kita butuhkan

  • Dua sendok makan bentonit
  • Dua sendok makan air

Untuk membuat masker dasar kita hanya perlu mencampurkan kedua bahan di atas lalu aduk sampai menjadi pasta, oleskan ke wajah dan tunggu sampai kering kemudian bilas sampai bersih dengan air.

Tips di atas digunakan untuk mencerahkan wajah, untuk manfaat lainnya seperti menyembuhkan bisul, pembersih wajah dan perawatan wajah sehari-hari bisa mengikuti beberapa langkah di bawah ini.

Untuk menyembuhkan luka

Luka yang terdapat pada wajah biasanya diakibatkan oleh jerawat dan bisul, luka seperti ini bila dibiarkan akan memperburuk penampilan kita. Jangan khawatir, ada cara mudah mengatasi persoalan tersebut.

Cukup sediakan beberapa bahan di bawah ini dan ikuti semua langkah dan petunjuk penggunaannya, jika dilakukan dengan benar maka masalah tersebut dapat dengan mudah diatasi.

  • Satu sendok makan bentonit
  • Dua sendok makan baking soda
  • Satu sendok teh oatmeal
  • Satu sendok makan air
  • Beberapa tetes minyak pohon teh

Cara pembuatan sangat mudah, cukup masukkan semua bahan tadi ke dalam mangkuk berukuran sedang lalu aduk sampai rata. Terapkan pada wajah dan tunggu selama beberapa menit atau sampai kering, bilas dengan air sampai noda masker terangkat.

Sebagai pembersih wajah

Jika ditujukan untuk menggantikan produk pemberih wajah, bahan yang perlu kita siapkan meliputi:

  • Dua sampai tiga sendok makan bentonit
  • Dua sendok makan cuka sari apel

Proses pembuatannya tidak berbeda dengan lainnya, campurkan semua bahan dan aduk sampai rata kemudian oleskan pada wajah dan tunggu sampai kering.

Gunakan air dingin untuk membersihkan sisa noda yang ditinggalkan oleh masker tersebut. Langkah ini bisa dilakukan dua kali sehari dan berguna untuk mengangkat semua debu yang menempel di permukaan kulit.

tags: