Cara membuat masker santan

cara membuat masker santanSantan merupakan air yang didapat dari perasan kelapa, seperti diketahui bahwa kepala adalah salah satu tanaman kaya manfaat. Buah ini mengandung berbagai macam fungsi seperti melembutkan dan melembabkan kulit.

Anti bakteri dan anti jamur pada kelapa juga membuat buah ini bisa digunakan untuk mencegah berbagai masalah kulit yang ditimbulkan oleh keduanya seperti komedo, jerawat, panu, kadas, kurap dan lain sebagainya.

Oleh sebab itu banyak produsen yang menggunakan santan sebagai bahan pembuatan produk perawatan mereka, ini pula yang mendorong beberapa praktisi kecantikan untuk menggunakan santan dalam pembuatan masker atau media untuk membersihkan kulit client mereka.

Karena bahan ini mudah didapat maka rasanya tidak perlu menggunakan jasa salon atau produk perawatan komersil lagi, kecuali jika kita termasuk seorang wanita yang terlalu sibuk sehingga tidak memiliki waktu luang untuk melakukannya sendiri.

Namun bila tersedia cukup waktu, maka semua bisa kita coba lakukan di rumah. Mengenai manfaat dan khasiatnya tidak perlu diragukan lagi karena sudah terbukti secara ilmiah.

Berikut adalah panduan dan cara membuat masker santan yang dapat digunakan untuk membersihkan, menghaluskan, melembabkan dan mencerahkan kulit.

Untuk membersihkan

Kita hanya membutuhkan dua bahan dasar saja yaitu dua sendok makan santan dan satu sendok teh yogurt. Cara pembuatannya sangat mudah yakni dengan cara memasukkan kedua bahan tadi ke dalam mangkuk lalu aduk sampai rata.

Oleskan pada wajah dan diamkan selama lima menit, cuci sampai bersih dengan air dingin lalu keringkan. Semua kotoran serta noda akibat debu dapat dihilangkan dengan mudah dan wajah akan kembali bersih.

Untuk melembabkan

Masalah kulit kering biasanya terjadi di musim dingin atau penghujan, jika tidak segera diatasi maka akan menyebabkan pecah-pecah dan bersisik. Untuk mencegah dan mengatasi itu semua kita hanya perlu menyiapkan dua sendok makan santan, satu sendok teh madu dan beberapa tetes minyak almond.

Untuk bahan terakhir yakni minyak almond bisa ditinggalkan jika memang kesulitan mendapatkan bahan tersebut, setelah semuanya siap masukkan semua bahan-bahan tersebut ke dalam mangkuk lalu aduk beberapa saat.

Terapkan ke ke wajah secara merata kemudian tunggu selama 15 menit, bilas dengan air dingin sampai semua sisa masker terangkat lalu keringkan. Lakukan tips ini setiap hari selama 4 sampai 5 hari kedepan.

Untuk mencerahkan

Mendapatkan kulit cerah memang bisa dilakukan dengan penggunaan produk pencerah yang mulai banyak dijual, namun jika ingin mencoba alternatif lain silahkan siapkan beberapa bahan berikut:

  • Dua sendok makan santan
  • Satu sendok teh bubuk cendana
  • Satu sendok teh madu
  • Sedikit bubuk kunyit

Campurkan semua bahan di atas ke dalam wadah atau mangkuk lalu aduk sampai semuanya menjadi pasta atau adonan, terapkan pada wajah lalu diamkan selama 10 menit.

Gunakan air dingin untuk membersihkan sisa masker pencerah tersebut, langkah ini harus dilakukan setiap hari menjelang tidur selama satu atau dua minggu.

tags: ,