Cara membuat masker rumput laut

masker rumput lautRumput laut banyak mengandung gizi dan nutrisi yang jika diaplikasikan ke wajah atau kulit dapat membuatnya lembut dan tetap lemabab. Setiap wanita pasti menginginkan kulit lembut dan lembab, oleh karena itu sangat disayangkan jika masker ini kita lewatkan.

Jika kita berkunjung ke salon kecantikan tentu ada tarif yang diberlakukan untuk mendapatkan masker ini, harganya pun relatif mahal. Berbeda jauh jika kita membuatnya sendiri, kita hanya mengeluarkan sedikit uang untuk mendapatkan rumput laut.

Untuk memudahkan para pembaca sekalian, kali ini kita akan bahas bersama bagaimana caranya membuat masker rumput laut agar bisa digunakan untuk menjaga kelembaban kulit dan meningkatkan kelembutannya.

Berikut adalah cara membuat masker rumput laut seperti dikutip dari pakar kecantikan dan diterbitkan dalam sebuah jurnal.

Bahan dan peralatan

Kita membutuhkan beberapa bahan berikut, sebagian bahan bisa kita dapatkan dari toko kecantikan atau toko makanan terdekat:

  • Satu sendok makan rumput laut
  • Satu sendok teh madu
  • Satu sendok teh lidah buaya
  • Dua sendok makan air hangat
  • Satu buah mangkuk

Langkah pembuatan

Masukkan rumput laut ke dalam blender dan nyalakan, tunggu sampai benar-benar halus kemudian pindahkan ke dalam mangkuk. Campurkan madu, lidah buaya dan air hangat lalu aduk sampai menjadi pasta.

Madu dan lidah buaya digunakan dengan tujuan untuk menguatkan daya lembab dan meningkatkan perlindungan kulit terhadap bahaya sinar matahari dan radikal bebas.

Setelah pasta tersebut kita dapatkan, oleskan secara merata ke semua bagian wajah kecuali kelopak mata. Gunakan irisan mentimun untuk melindungi bagian mata.

Tunggu selama 20 menit untuk memastikan semua yang terkandung di dalamnya dapat meresap ke dalam pori-pori kulit, setelah mengering bilas dengan air sampai bersih lalu keringkan dengan handuk.

Gunakan masker ini dua kali seminggu sebagai bagian dari perawatan kulit agar kulit senantiasa lembut dan terhindar dari semua bahaya yang mungkin menimpanya.

Informasi tambahan

Kita bisa menambahkan minyak esensial ke dalam masker jika menginginkannya. Penggunaan minyak esensial seperti minyak jojoba, minyak zaitun atau rosemary berguna untuk mengurangi bau rumput laut.

Selain itu ketiga jenis minyak ini dikenal memiliki sifat antibakteri dan mikroba sehingga jika diterapkan ke kulit dapat melindungi kita dari berbagai gangguan yang biasa diakibatkan oleh bakteri dan mikroba tersebut.

Gangguan yang diakibatkan oleh mikroba dan bakteri seperti jerawat, gatal-gatal, iritasi, peradangan dan lain sebagainya.

Tidak seperti masker lainnya yang hanya bisa kita gunakan sekali pakai, masker rumput laut bisa kita simpan di dalam lemari pendingin dan digunakan pada kesempatan lain.

Meski demikian, jika ditemukan perubahan pada bau atau warna maka sebaiknya masker tersebut kita buang. Waktu pailng lama untuk menyimpan masker tersebut biasanya 7 hari, jika telah melewati 7 hari maka sebaiknya ganti dengan yang baru.

tags: