Cara membuat masker ragi

membuat masker ragiMungkin salah satu bahan ini lebih dikenal dalam pembuatan makanan dan tidak begitu dikenal dalam dunia kecantikan. Oleh sebab itu sebelum kita melanjutkan pembahasan ini ada baiknya kami sampaikan beberapa hal tersebih dahulu terkait dengan ragi.

Ragi mengandung beberapa senyawa dan vitamin penting seperti vitamin B komplek, selenium dan kromium. Untuk vitamin B komplek sendiri meliputi riboflavin, tiamin, niasin, asam folat, biotin, asam pantotenat dan piridoksin yang kesemuanya memiliki manfaat tersendiri.

Jika ragi dikonsumsi maka semua nutrisi yang ada di dalamnya dapat memecah karbohidrat, protein dan lemak sehingga memberikan asupan energi pada tubuh.

Sedangkan bila diterapkan pada kulit maka riboflavin dalam ragi mampu mengurangi dan mencegah munculnya binti-bintik hitam, sedangkan piridoksin berguna untuk mencegah eksim.

Satu hal lagi yang tidak kalah penting, ragi mampu melenyapkan segala jenis bakteri yang menyebabkan jerawat dan menjaga kulit agar tetap bersih dan bebas minyak.

Dari sini bisa kita ambil kesimpulan bahwa jika salah satu bahan makanan ini diterapkan pada wajah maka keuntungan yang di dapat bukan saja dapat mencegah kemunculan jerawat, namun juga efektif dalam menghilangkan bintik-bintik hitam serta mengurangi minyak berlebih.

Berikut adalah cara membuat masker ragi untuk mengurangi minyak berlebih dan menghilangkan bintik-bintik hitam di wajah.

Bahan yang kita butuhkan

  • Satu sendok teh ragi
  • Dua sendok makan yogurt rendah lemak

Langkah pembuatan

Masukkan ragi ke dalam mangkuk atau wadah berukuran kecil, kemudian campurkan yogurt ke dalamnya dan aduk beberapa saat sampai keduanya menyatu.

Oleskan pada wajah yang bermasalah dengan minyak berlebih dan tunggu selama beberapa menit sampai masker tersebut mengering. Bersihkan dengan air bersih sampai sisa masker terangkat.

Keringkan dengan handuk lalu oleskan produk pelembab yang biasa kita gunakan. Tips ini dilakukan maksimal 3 kali seminggu sampai wajah benar-benar bebas minyak.

Efek samping

Penggunaan secara berlebihan tanpa mengikuti aturan berlaku dapat memicu gatal-gatal pada kulit, iritas dan pembengkakan. Namun jika dilihat pada orang yang mengalami hal tersebut pada umumnya efek samping ini terjadi pada kulit sensitif.

Sedangkan bila ragi dikonsumsi maka efek yang mungkin ditemukan adalah kembung dan migrain. Untuk menghindari terjadinya hal tersebut maka ikutilah aturan yang telah ditetapkan yakni hanya digunakan maksimal tiga kali seminggu.

Selain itu biasakan untuk berkonsultasi dengan dokter terkait sebelum kita melakukan perawatan di rumah, jika dokter mengizinkan maka silahkan lanjutkan.

Namun bila dokter melihat ada potensi gangguan yang akan terjadi mereka biasanya akan memberikan saran-saran penting terkait hal tersebut. Terlepas dari itu semua, ragi merupakan salah satu bahan tradisional yang dikenal memiliki manfaat dalam perawatan kulit.

tags: