Cara membuat masker pisang

cara membuat masker pisangPertanyaan yang mungkin kita miliki terkait dengan masker pisang ini adalah kenapa pisang bisa digunakan sebagai masker dan apa keuntungannya untuk kulit?

Untuk menjawab pertanyaan ini tentu saja tidak bisa sembarangan karena harus dilandasi oleh penelitan, jika tidak didasari oleh fakta dan bukti maka jawaban hanya berkembang menjadi mitos belaka.

Pisang merupakan buah yang mengandung banyak vitamin dan nutrisi, beberapa nutrisi penting tersebut diantaranya vitamin C, vitamin B dan potasium.

Vitamin C berperan digunakan tubuh untuk mensintesis kolagen, yaitu protein yang ditemukan pada kulit, gigi dan tulang. Vitamin ini berperan sebagai antioksidan yang melindungi semua jaringan dari bahaya radikal bebas.

Sedangkan vitamin B dan potasium atau kalium lebih mengarah pada kesehatan organ dalam seperti ginjal, jantung dan lain sebagainya. Dari sini kita tahu bahwa pisang memiliki manfaat yang begitu penting bagi kulit agar selalu sehat dan terhindar dari radikal bebas.

Radikal bebas yang mengenai kulit dapat mengakibatkan flek hitam, kerutan dan kehilangan kekencangannya, ini semua sering kita namakan dengan tanda penuaan dini.

Oleh sebab itu masker yang terbuat dri pisang sering digunakan untuk mencegah dan mengatasi masalah penuaan dini. Sampai sini, kita telah mengetahui alasan dibalik penggunaan pisang dalam sebuah masker.

Lalu bagaimana cara membuatnya? Berikut adalah cara membuat masker pisang untuk mengatasi dan mencegah munculnya tanda penuaan dini.

Bahan dan peralatan

Sebelum masuk pada langkah pembuatan, terlebih dahulu siapkan beberapa bahan serta peralatan berikut ini:

  • Satu buah pisang berukuran sedang
  • Satu sendok makan madu
  • Dua sendok makan yogurt
  • Oatmeal secukupnya
  • Garpu
  • Mangkuk

Untuk yogurt dan oatmeal bisa kita peroleh di toko makanan terdekat, pilihlah yang masih baru dan hindari penggunaan produk kadaluarsa.

Cara pembuatan

Kupas pisang lalu masukkan ke dalam mangkuk, mash dengan garpu sampai menjadi seperti bubur. Campurkan dengan madu, yogurt dan oatmeal kemudian aduk sampai bahan-bahan tersebut menyatu.

Jika diperlukan, kita bisa menggunakan alat penghalus makanan agar hasil yang didapat benar-benar lembut. Untuk banyaknya oatmeal yang digunakan silahkan sesuaikan dengan komposisi adonan tersebut.

Setelah adonan tersebut telah benar-benar halus kini kita bisa menerapkannya ke wajah, lakukan secara lembut dan meliputi wajah dan leher. Hindari bagian kelopak mata.

Tunggu selama 20 menit atau sampai mengering di wajah kita, bilas dengan air dingin dan langsung keringkan dengan handuk lembut. Untuk mendapatkan kulit segar dan bebas kerutan, lakukan perawatan kulit dengan masker pisang ini minimal 3 kali seminggu.

Jangan lupa untuk membaca resep masker kami lainnya, silahkan buka kembali kategory yang disediakan secara khusus untuk membahas semua hal berkaitan dengan masker.

tags: ,