Cara membuat masker pepaya

membuat masker pepayaSebagaimana buah lainnya, pepaya memiliki banyak khasiat dan manfaat tak ternilai. Buah ini mengandung banyak enzim, nutrisi dan vitamin yang berguna untuk penyembuhan.

Dari dulu pepaya telah digunakan baik dalam dunia kesehatan maupun duna kecantikan. Tercatat beberapa mineral dan vitamin penting yang ditemukan dalam buah ini seperti asam folat, flavanoid, pantotenat, vitamin C, vitamin B komplek dan vitamin A.

Vitamin-vitamin tersebut berguna sebagai antioksidan yang dapat melindungi kita dari bahaya radikal bebas, bila dikonsumsi secara teratur maka tubuh akan mudah menangkal semua bahaya yang diakibatkan dari radikal tersebut.

Namun jika diterapkan pada kulit maka khasiatnya hampir sama dengan madu, alpukat dan jeruk yakni sebagai pelindung kulit dan mempercepat proses regenerasi sel kuit mati.

Oleh sebab itu buah ini banyak digunakan sebagai bahan utama pembuatan masker dalam dunia kecantikan, penggunaan buah ini tentu tanpa alasan. Berdasarkan penjelasan di atas kita mudah untuk mengetahui berbagai manfaat masker pepaya.

Melembabkan kulit, mempercepat proses pergantian kulit mati, melindungi dari bahaya radikal bebas dan tentu saja mencegah munculnya penuaan dini akibat polusi lingkungan.

Masker ini akan lebih terasa khasiatnya lagi jika kita mau mengkonsumsinya setiap hari, atau sedikitnya dua hari sekali agar kulit terawat bukan saja dari dalam namun dari luar.

Berikut adalah cara membuat masker pepaya untuk mencegah munculnya penuaan dini dan melindungi kulit dari bahaya sinar matahari.

Yang kita butuhkan

  • Satu buah pepaya matang
  • Satu sendok teh madu
  • Satu sendok jeruk nipis
  • Blender
  • Handuk kering

Tahap pembuatan dan cara penggunaan

Kup0as buah pepaya dan potong kecil-kecil, jangan lupa untuk menghilangkan biji yang ada di dalamnya. Masukkan ke dalam blender kemudian nyalakan alat penghalus tersebut.

Tunggu selama beberapa saat sampai pepaya benar-benar halus, saat proses ini kita tidak boleh mencampurkan air ke dalamnya. Sehingga yang akan kita dapat adalah murni dari buah pepaya.

Setelah halus tuangkan ke dalam mangkuk dan langsung oleskan ke seluruh bagian wajah kita secara merata. Untuk menghindari tetesan maka lakukan sambil berbaring santai.

Sampai tahap ini sebenarnya kita telah selesai, namun jika menginginkan efek atau manfaat yang lebih besar lagi, kita bisa memasukkan madu ke dalam jus pepaya tersebut.

Maadu bukan saja baik untuk digunakan sebagai pelembab alami, namun juga dapat mengatasi kulit kusam dan mengangkat semua noda pada permukaan serta pori-pori kulit.

Setelah diaduk sampai rata, kita bisa mengoleskannya ke wajah dan diamkan selama 15 sampai 20 menit. Bilas dengan air sampai bersih dan keringkan dengan handuk.

Sekali lagi perlu diketahui bahwa penggunaan madu dalam masker ini tidak diharuskan, namun agar hasilnya lebih maksimal maka tidak ada salahnya mengkombinasikannya dengan madu.

tags: ,