Cara membuat masker pembersih wajah

membuat masker pembersih wajahPembersih wajah harus dibedakan dengan sabun, hal ini tidak terlepas dari kandungan yang ada dalam ledua produk tersebut. Sabun pada umumnya mengandung deterjen dan surfaktan.

Surfaktan sendiri merupakan zat yang menciptakan busa ketika kita menggunakannya, oleh sebab itulah maka para ahli sangat tidak menganjurkan penggunaan sabun pada wajah.

Sayangnya akhir-akhir ini justru banyak produk pembersih wajah yang menggunakan dua senyawa berbahaya tersebut, harganya pun tergolong mahal. Bila produk ini digunakan maka wajah akan terlihat kusam dan mengalami kekeringan.

Bagi para pembaca yang bingung untuk memilih produk mana yang tepat, kenapa tidak membuatnya sendiri? Caranya sangat mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja.

Untuk bahan-bahannya pun tidak terlalu sulit didapat dan khasiatnya tentu saja telah teruji dan banyak dibuktikan orang sebelumnya. Artinya produk buatan tangan ini tidak kalah dengan produk yang dihasilkan dari perusahaan besar lainnya.

Berikut adalah cara membuat masker pembersih wajah seperti dikutip dari beberapa sumber dan jurnal online.

1. Minyak jojoba

Ini adalah salah satu facial cleanser yang paling ampuh dan banyak digunakan dalam dunia kecantikan, meskipun bahan yang kita butuhkan cukup banyak namun tetap kita bisa memperolehnya di sekitar tempat tinggal.

Untuk itu siapkan terlebih dahulu bahan-bahan berikut ini:

  • Minyak jojoba secukupnya
  • Lilin
  • Boraks
  • Cairan jeruk lemon

Jika semuanya sudah siap, masukkan lilin ke dalam panci dan panaskan agar meleleh. Tambahkan minyak jojoba dan aduk selama beberapa menit sampai berubah menjadi krim.

Panaskan juga cairan jeruk nipis dalam panci dan api yang lain, masukkan juga boraks agar tidak terlalu mengental. Setelah semua proses di atas selesai angkat kedua panci dan tuangkan isinya kedalam mangkuk.

Aduk sampai rata dan dinginkan, saat dingin nanti krim ini bisa kita pakai untuk membersihkan wajah. Penting untuk diperhatikan bahwa penggunaan boraks dan lilin di sini dalam jumlah yang sangat sedikit.

2. Oatmeal

Selain biasa digunakan untuk sarapan pagi, kita bisa menggunakan makanan ini sebagai media untuk membersihkan wajah dari seluruh kotoran dan noda.

Siapkan beberapa bahan berikut terlebih dahulu:

  • Oatmeal secukupnya
  • Susu cair

Kita hanya memerlukan kedua bahan tersebut, lebih mudah dan simpel dibanding dengan langkah dalam nomor urut satu. Untuk cara pembuatannya sendiri sangat mudah.

Haluskan oatmeal menggunakan penghalus yang biasa kita gunakan seperti blender atau penggiling, setelah halus masukkan ke dalam mangkuk dan campurkan produk susu cair ke dalamnya.

Aduk sampai rata dan berubah menjadi krim lalu terapkan ke wajah. Sangat mudah dan cepat, untuk hasilnya tidak kalah jauh dengan produk pembersih mahal lainnya.

Penggunaan facial cleanser di atas satu kali sehari tepatnya di pagi hari, jangan lupa untuk menggunakan pelembab agar terjaga dari kulit kering. Satu lagi yang perlu diperhatikan bahwa pada jenis kulit tertentu mungkin dapat menyebabkan iritasi, jika ternyata keadaannya demikian maka kulit tidak cocok, tinggalkan dan cari alternatif lainnya yang lebih ramah terhadap jenis kulit kita.

tags: