Cara membuat masker pelembab

membuat masker pelembabSesuai dengan judul yang tertera di atas, masker ini berguna untuk menambah kelembaban pada kulit. dengan menjaga kelembaban kulit maka kita dapat menghindari semua bahaya yang mungkin ditimbulkannya.

Bahaya yang dimaksud meliputi kulit kering, munculnya garis halus atau kerutan dan pecah-pecah. Jika tidak diatasi dengan segera dapat menimbulkan kerusakan yang lebih parah lagi.

Banyak tehnik yang bisa digunakan untuk menambah atau hanya sekedar melembabkan kulit, salah satu cara populer yang paling banyak dipilih orang adalah dengan mengoleskan produk perawatan komersil.

Harga yang relatif lebih murah dan tidak terlalu sulit digunakan membuatnya kian hari kian populer, sayangnya tidak semua kulit dapat menggunakan produk tersebut.

Apalagi jika kulit yang kita miliki bersifat sensitif, sudah barang tentu akan mudah terkena iritasi, alergi dan gatal-gatal pada daerah yang terkena produk tersebut.

Walaupun demikian kita tidak perlu berkecil hati karena ada satu cara yang bisa dipergunakan dan terbukti aman untuk kulit sensitif. Jika untuk kulit sensitif saja bisa digunakan, maka bisa juga digunakan oleh jenis lainnya.

Berikut adalah cara membuat masker pelembab seperti dikutip dari beberapa pakar kecantikan kulit internasional.

Bahan yang harus kita sediakan

Sebelumnya kita mesti menyediakan beberapa alat serta bahan dasar dibawah ini:

  • Madu
  • Alpukat
  • Susu bubuk
  • Daging lidah buaya
  • Minyak atsiri
  • Vitamin E
  • Mangkuk
  • Sendok
  • Minyak esensial

Langkah pembuatan

Pertama-tama hangatkan dulu satu sendok makan madu, bahan ini akan kita jadikan bahan utama dalam pembuatan masker. Kita tahu bahwa madu memiliki khasiat untuk melembabkan dan menghilangkan bakteri.

Campurkan madu yang telah kita hangatkan sebelumnya dengan satu gelas alpukat, buah ini sama dengan madu yaitu mampu memberikan kelembaban pada kulit.

Buah alpukat bisa kita ganti dengan pisang yang telah masak, keduanya memiliki kandungan dan manfaat yang hampir sama.

Masukkan juga gel lidah buaya, gel ini kita pergunakan untuk memberikan efek sejuk pada kulit sekaligus ampuh dalam mengatasi masalah peradangan atau iritasi.

Masukkan pula beberapa tetes minyak esensial ke dalamnya. Minyak ini berfungsi sebagai penyembuh dan penenang karena aroma yang dikeluarkannya mampu menenangkan.

Untuk mengetahui minyak esensial seperti apa saja yang bisa kita gunakan, silahkan baca di halaman berikut ini [Baca: Tiga minyak esensial].

Perhatikan, tidak semua minyak esensial yang diklaim oleh sejumlah pihak memiliki dasar medis. Oleh sebab itu pilihlah jenis minyak yang sudah diakui dalam dunia medis.

Setelah semua bahan tersebut kita masukkan ke dalam satu wadah, aduk-aduk beberapa menis sampai terbentuk sebuah pasta. Pasta ini kita oleskan ke wajah secara merata dan tunggu selama 20 menit.

Bilas hingga bersih dengan air dingin dan langsung keringkan dengan air hangat. Selain dapat digunakan pada saat itu juga, masker ini bisa kita simpan di dalam lemari pendingin dan dipergunakan ketika dibutuhkan.

tags: ,