Cara membuat masker paprika

membuat masker paprikaPaprika pertama kali tumbuh dan dikenal di Amerika selatan, namun negara yang pertama kali mempopulerkan masakan berpaprika adalah Spanyol dan Hungaria.

Tanaman ini sebenarnya masuk ke dalam kategory merica atau cabai, namun berbeda jauh dengan rasa yang biasanya kita temukan pada cabai. Paprika memiliki rasa manis, oleh sebab itu tidak mengherankan bila tanaman ini lebih sering digunakan dalam pembuatan kue dibandingkan untuk bumbu masakan.

Lalu apa saja kandungan paprika sehingga membuatnya bisa dijadikan sebagai bahan dasar masker? Berikut penjelasan selengkapnya.

Mengandung vitamin C

Banyak orang tidak mengetahui bahwa vitamin C dalam paprika jauh lebih tinggi dibanding apa yang ada dalam buah tomat, para ahli menyatakan bahwa jumlahnya sekitar 9 kali lebih banyak dari apa yang dikandung oleh tomat.

Seperti kita tahu bahwa vitamin C merupakan properti antioksidan alami, berguna untuk menangkal radikal bebas dan bisa digunakan untuk menanggulangi berbagai permasalahan pada kulit.

Vitamin ini pun sering dikaitkan dengan tanda penuaan dini, beberapa produk perawatan kulit yang mengklaim dapat mengurangi tanda penuaan di wajah sering menggunakan paprika sebagai bahan dasarnya.

MengandungĀ Capsaicin

Senyawa ini dikenal sebagai senyawa yang ampuh dalam mengatasi peradangan pada kulit dan persendian, selain itu dapat pula melancarkan peredaran darah.

Sirkulasi darah yang baik sangat dibutuhkan untuk proses regenerasi kulit sehingga kulit akan tampak lebih muda dan segar. Selain manfaat-manfaat tersebut, enzim dalam paprika juga dikenal memiliki khasiat untuk menjaga sistem pencernaan.

Dari penjelasan di atas bisa diketahui apa saja manfaat paprika untuk kulit, dan untuk mendapatkan manfaat tersebut kita bisa menggunakan tanaman ini sebagai bahan dasar pembuatan masker.

Berikut adalah cara membuat masker paprika yang bisa digunakan untuk mencegah sekaligus menangkal tanda penuaan di wajah.

Bahan-bahan

  • Setengah sendok teh bubuk paprika
  • Satu sendok makan oatmeal yang sudah dihaluskan
  • Satu sendok makan produk susu cair
  • Satu sendok teh madu

Langkah pembuatan

Masukkan susu cair ke dalam blender lalu campurkan bubuk paprika ke dalamnya, nyalakan blender tersebut dan tunggu beberapa saat. Tuangkan hasilnya ke dalam mangkuk berukuran kecil.

Sekarang campurkan oatmeal ke dalam mangkuk dan aduk selama beberapa saat sampai adonan berbentuk pasta. Jangan lupa untuk memasukkan madu ke dalamnya, meskipun penggunaan madu tidak diharuskan namun sangat dianjurkan.

Sekarang masker paprika telah siap digunakan, sebelum menggunakannya bersihkanlah terlebih dahulu wajah kita dengan pembersih wajah ringan, jika tidak ada maka cukup dengan air bersih.

Tunggu sampai wajah benar-benar kering lalu oleskan masker tersebut secara merata ke seluruh bagian wajah. Tunggu selama 15 menit kemudian gunakan air hangat untuk membersihkan sisa masker tersebut.

Untuk memperoleh hasil maksimal, jalankan tips di atas dua hari sekali setiap pagi atau malam menjelang tidur, dalam beberapa hari atau minggu kulit akan lebih kencang dan segar.

tags: