Cara membuat masker oatmeal

membuat masker oatmealOatmeal mengandung zat dan nutrisi yang dapat mempertahankan kelembaban kulit, selain itu kita juga bisa menggunakan makanan untuk mengurangi iritasi dan peradangan pada kulit.

Dilihat dari manfaatnya, sekilas memang mirip dengan buah-buahan yang mengandung ontioksidan seperti jeruk, pepaya dan tomat. Oatmeal sering kita temukan dalam beberapa produk perawatan kulit yang dijual bebas di pasaran.

Harga yang ditetapkan berbeda-beda namun kebanyakan lebih mahal dibanding harga sebenarnya, oleh sebab itu kami merasa perlu untuk memberikan resep alami untuk membuat masker atau produk perawatan kulit yang terbuat dari bahan dasar oatmeal.

Berikut ini adalah cara membuat masker oatmeal yang bisa digunakan untuk melembabakan kulit dan mengatasi iritasi dan peradangan.

Peralatan dan bahan

  • Sepertiga cangkir aotmeal yang telah dihaluskan
  • Satu buah pisang matang
  • Satu sendok makan madu
  • Dua sendok makan cairan jeruk nipis
  • Yogurt secukupnya
  • Garpu
  • Mangkuk kecil
  • Handuk
  • Pelembab

Langkah dan tahapan pembuatan

Jika semua peralatan dan bahan di atas telah kita sediakan, maka pertama kali yang harus dilakukan adalah mengupas buah pisang tersebut dan taruh ke dalam mangkuk.

Mash atau hancurkan buah tersebut dengan menggunakan garpu, pisang dikenal mampu mengatasi masalah iritasi dan memberikan perlindungan pada kulit dari efek sinar matahari.

Campurkan madu, oatmeal yang telah halus dan cairan jeruk nipis ke dalamnya lalu aduk sampai semua bahan tersebut berbaur menjadi satu. Jeruk nipis memiliki khasiat sama dengan pisang yakni mampu menangkal radikal bebas, selain itu dikenal pula sebagai pemutih alami.

Sedangkan madu berguna untuk melembabkan kulit disamping memiliki manfaat yang tidak jauh berbeda dengan pisang dan cairan jeruk nipis. Setelah semuanya rata, masukkan juga yogurt secukupnya.

Yogurt digunakan untuk mengatasi kulit kering, oleh sebab itu masker ini lebih ditujukan untuk mengatasi dan mencegah masalah kulit kering.

Setelah semua bahan tersebut menjadi adonan atau pasta, terapkan ke wajah secara menyeluruh lalu tunggu selama 15 menit. Bilas dnegan air hangat kemudian keringkan dengan handuk.

Setelah kering kita bisa mengoleskan krim pelembab yang biasa digunakan, jangan lupa untuk mencoba membuat pelembab sendiri. Cara dan tahapannya bisa dilihat di artikel berikut [Baca: cara membuat pelembab alami].

Bagi para pembaca yang sedang bermasalah dengan kulit kering bisa mencoba resep di atas, lakukan langkah-langkah di atas minimal sekali seminggu sampai semua gangguan tersebut teratasi.

Kita juga bisa mengkombinasikannya dengan tips yang pernah dishare sebelumnya, silahkan lihat di halaman berikut [Baca: Resep masker wajah untuk mengatasi kulit kering].

tags: