Cara Membuat Masker Oatmeal Untuk Facial di Rumah

masker oatmeal untuk facialMasker wajah termasuk salah satu metode tradisional dalam dunia kecantikan yang sampai saat ini masih digunakan, metode ini terbukti lebih aman dibanding cara lainnya.

Asal mengerti bagaimana cara membuatnya dan tahu jenis masker apa yang sebaiknya digunakan maka hasilnya tidak kalah jauh dengan menggunakan teknik atau terapi kecantikan yang jauh lebih mahal.

Penggunaan masker ditujukan untuk menjaga kesehatan kulit dan kecantikannya. Masker oatmeal adalah salah satunya, masker yang berbahan dasar oatmeal ini bisa digunakan oleh hampir semua jenis kulit.

Beberapa bulan lalu atau tepatnya Mei tanggal 4 tahun 2013, kami telah menjelaskan tentang cara membuat masker oatmeal yang ditujukan untuk melembabkan kulit (Baca: Cara membuat masker oatmeal), sedangkan masker oatmeal kali ini digunakan untuk mengatasi kulit berminyak dan kulit kering.

Untuk kulit kering

Untuk mengatasi kulit kering, salah satunya adalah dengan memberikan kelembaban, masker oatmeal adalah salah satu jawabannya.

Untuk membuat masker oatmeal yang bisa digunakan untuk mengatasi kulit kering, anda membutuhkan dua bahan utama berikut ini:

  • 1/4 cangkir atau gelas kecil buttermilk
  • Lima sendok teh oatmeal

Cara pembuatannya sangat mudah, masukkan oatmeal ke dalam buttermilk dan aduk selama beberapa menit sehingga berubah bentuk menjadi pasta.

Oleskan pasta tersebut ke seluruh permukaan wajah atau kulit di bagian lainnya dan diamkan selama kurang lebih 15 menit atau sampai pasta mengering di wajah.

Gunakan kain lembut untuk mengangkat sisa masker tersebut lalu bilas hingga bersih dengan air dingin. Agar hasil dari penggunaan masker ini maksimal, maka lakukan minimal dua hari sekali.

Anda juga bisa menambahkan madu dalam pembuatan masker oatmeal, madu berguna bukan hanya untuk melembabkan kulit namun juga menjaga kulit dari bahaya radikal bebas yang datang dari luar.

Untuk mengatasi kulit berminyak

Bagi anda yang sering bermasalah dengan produksi minyak berlebih, masker oatmeal bisa digunakan sebagai solusi untuk mengurangi dan bahkan mengatasi persoalan tersebut.

Bahan yang digunakan tentu saja berbeda dengan bahan yang dibutuhkan untuk membuat masker pelembab. Silahkan siapkan beberapa bahan di bawah ini:

  1. Satu sendok makan oatmeal
  2. 1/4 sendok teh ragi kering
  3. Cairan jeruk lemon sebanyak satu sendok teh

Untuk pembuatannya, anda hanya harus mencampurkan semua bahan di atas ke dalam mangkuk lalu aduk sebentar sampai rata. Setelah rata oleskan masker pada wajah dan lakukan pemijatan dengan gerakan melingkar.

Karena cairan jeruk lemon cenderung bersifat keras, maka sebaiknya hindari area mata. Lakukan langkah di atas sebanyak tiga hari sekali.

Cara membuat masker oatmeal di atas kami kutip dari beberapa sumber yang terpercaya, anda bisa mengikuti langkah di atas atau langkah yang pernah kami jelaskan sebelumnya.

tags: ,