Cara membuat masker lumpur

membuat masker lumpurMasker lumpur memiliki banyak manfaat yang cenderung tidak dimiliki oleh masker lainnya, masker ini bukan hanya dapat mendoktifikasi kulit dari racun namun juga terbukti ampuh dalam menghilangkan komedo, mengangkat minyak berlebih sekaligus membersihkan pori-pori, [Baca juga: Cara menghilangkan komedo].

Bagi yang sudah terbiasa merawat diri di salon kecantikan tentu sudah tidak asing lagi dengan masker lumpur, meski harganya relatif mahal namun tidak sedikit yang rela menggelontorkan uangnya hanya untuk mendapatkan perawatan ini.

Hal tersebut tidak terlepas dari keampuhan yang langsung bisa dirasakan setelah satu atau dua kali penggunaan. Bagi anda yang tidak memiliki anggaran cukup, ada alternatif lain.

Alternatif tersebut adalah dengan membuatnya secara mandiri tanpa harus membayar jasa salon kecantikan. Dengan mengkombinasikan beberapa bahan alami, kita sudah bisa melakukan perawatan wajah berharga mahal.

Berikut adalah cara membuat masker lumpur yang bisa kita gunakan untuk menghilangkan komedo dan minyak berlebih dari wajah.

Bahan dan peralatan

Untuk memulainya, kita harus menyediakan beberapa bahan dan peralatan berikut:

  • Dua sendok teh lumpur laut mati
  • Satu sendok makan air rendaman bunga mawar
  • Satu sendok teh madu yang telah dihangatkan
  • Dua sendok teh minyak pohon teh (Opsional)
  • Pelembab bebas minyak
  • Handuk lembut
  • Lap mandi
  • Satu buah mangkuk berukuran sedang

Dari semua bahan di atas, mungkin kita bertanya-tanya, di mana kita bisa mendapatkan lumpur laut mati? Gampang, produk ini sudah banyak dijual di toko penjual peralatan kecantikan dan harganya pun terbilang murah.

Setelah semua komponen dan peralatan di atas kita siapkan, ikuti beberapa langkah mudah di bawah ini.

Langkah serta cara pemakaian

Pertama kita masukkan lumpur tersebut ke dalam mangkuk yang telah disediakan sebelumnya, kemudian masukkan juga madu, minyak pohon teh dan air rendaman mawar.

Aduk beberapa menit sampai semua bahan tersebut membentuk adonan atau pasta yang siap digunakan.

Langkah selanjutnya adalah mencuci wajah sampai bersih dengan menggunakan air dingin kemudian keringkan dengan handuk lembut.

Setelah benar-benar kering, oleskan masker adonan atau pasta tersebut secara merata ke seluruh bagian wajah dan tunggu selama 15 menit agar masker mengering di wajah.

Bilas hingga bersih dengan air hangat, kita juga bisa menggunakan toner untuk mengangkat semua noda masker tersebut. Kreingkan dengan handuk atau lap mandi lalu oleskan pelembab tanpa minyak.

Jika masalah komedo yang kita hadapi sudah sangat berat, maka jalankan semua langkah di atas sedikitnya satu kali sehari. Sedangkan untuk langkah pencegahan, kita hanya harus melakukan hal tersebut 2 sampai 3 kali dalam seminggu.

Untuk minyak pohon teh, kita juga bisa mendapatkannya di toko-toko kecantikan yang banyak tersebar di semua daerah.

tags: