Cara membuat masker lidah buaya

membuat masker lidah buayaLidah buaya memilliki banyak manfaat baik untuk rambut ataupun kulit. Daging yang ada di dalam tanaman ini berbentuk seperti gel dan lebih sering digunakan untuk pengobatan rambut rontok.

Tidak banyak orang yang mengetahui bahwa lidah buaya juga baik untuk kulit khususnya untuk menjaga atau meningkatkan kelembabannya. Tanaman ini memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi yang berguna untuk meredakan iritasi atau peradangan.

Selain itu jika digunakan sebagai bahan pembuatan masker, maka masker tersebut memiliki khasiat bukan saja untuk mengatasi iritasi, namun juga dapat digunakan sebagai pelembab dan pencerah wajah.

Ingin tahu bagaimana caranya membuat masker yang terbuat dari tanaman kaya khasiat ini? Simak penjelasan di bawah ini.

Berikut adalah cara membuat masker lidah buaya yang bisa digunakan untuk melembabkan kulit dan mencerahkannya.

Bahan-bahan

Sebelumnya persiapkan dulu beberapa bahan-bahan di bawah ini:

  • Daun lidah buaya berukuran besar
  • Satu buah mentimun yang sudah dikupas
  • Yogurt secukupnya
  • Blender
  • Mangkuk kecil

Langkah pembuatan

Iris tipis-tipis mentimun yang telah kita kupas sebelumnya kemudian masukkan ke dalam blender. Nyalakan blender dan tunggu selama 30 detik lalu matikan. Tuangkan jus mentimun tadi ke dalam mangkuk lalu lakukan tahap selanjutnya.

Ambil daun lidah buaya dan pisahkan kulitnya, kita hanya akan menggunakan gel atau dagingnya saja tanpa mengikut sertakan kulit tanaman tersebut.

Masukkan satu sendok makan gel lidah buaya ke dalam mangkuk berisi jus mentimun. Jangan lupa pula untuk mencampurkan satu sendok makan yogurt ke dalamnya.

Aduk selama beberapa menit sampai adonan tersebut menjadi pasta. Pasta inilah yang akan kita oleskan ke semua bagian wajah atau kulit.

Sebelum menggunakannya, tutupi terlebih dahulu seluruh helaian rambut dengan handuk atau plastik kemudian cuci wajah kita dengan menggunakan produk pembersih wajah yang bersifat ringan.

Keringkan dengan handuk lembut lalu oleskan pasta yang telah kita buat secara merata. Hindari kelopak mata atau bagian mata dari pasta tersebut.

Tunggu selama 20 menit lalu bilas dengan air hangat tanpa menggunakan sabun lalu keringkan dengan kain lembut. Tips di atas bisa kita jalankan sedikitnya 4 kali seminggu.

Perlu diketahui bahwa pasta di atas hanya bisa digunakan untuk sekali pakai, jangan pernah membuatnya dalam jumlah besar kemudian menyimpannya untuk digunakan di lain kesempatan.

Selain itu perhatikan pula reaksi kulit kita terhadap masker tersebut, jika menunjukkan adanya iritasi atau reaksi negatif maka segera hentikan pemakaian.

Meskipun ini aman untuk digunakan untuk semua jenis kulit, namun tidak menutup kemungkinan ada jenis kulit tertentu yang tidak begitu cocok dengan masker ini.

Cari alternatif lainnya, silahkan lihat di halaman berikut untuk mengetahui resep apa saja yang bisa kita coba [Baca: Resep masker wajah].

tags: ,