Cara membuat masker kunyit

membuat masker kunyitMasker kunyit adalah salah satu solusi untuk sebagian besar masyarakat yang tidak memiliki biaya atau anggaran khusus untuk membayar jasa salon kecantikan.

Kunyit sering kita dengan sebagai bahan dasar pembuatan kari atau digunakan sebagai obat karena memang senyawa pada kunyit diketahui dapat membasmi sel kanker.

Sebelum kita mempelajari bagaimana cara membuat masker berbahan dasar kunyit, ada baiknya kita ketahui dulu apa saja manfaat dan khasiat yang terkandung dalam kunyit.

Di bawah ini merupakan beberapa manfaat kunyit untuk kecantikan wanita:

  • Dapat memperbaiki tekstur kulit
  • Mengandung antioksidan yang dapat mencegah radikal bebas
  • Mengurangi efek peradangan akibat jerawat
  • Mengurangi efek pigmentasi
  • Mengurangi keriput

Dari kelima manfaat tersebut, kita bisa mengetahui untuk tujuan apa masker kunyit dibuat. Sekarang kita masuk pada tahap dan langkah pembuatannya.

Berikut adalah cara membuat masker kunyit yang bisa digunakan untuk mencerahkan wajah dan menghilangkan kerutan dari kulit.

Langkah-langkah

Masukkan kunyit ke dalam mangkuk lalu campur dengan tepung terigu, madu dan susu cair. Aduk beberapa saat sampai terbentuk sebuah pasta. Untuk komposisinya bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing atau bisa juga mengikuti aturan berikut.

Dua sendok makan tepung baik tepung beras, tepung terigu atau bubuk gandum, silahkan pilih salah satunya. Sedangkan kunyit yang dibutuhkan sedikitnya satu sendok teh.

Untuk susu cair, kita bisa menggunakan susu sapi yang belum diproses melalui pengolahan, atau bisa juga menggunakan produk susu yang cair sebanyak tiga sendok makan.

Setelah pasta terbentuk, terapkan pasta tersebut ke bagian wajah atau kulit di bagian tubuh yang diinginkan. Diamkan selama 20 menit kemudian bilas sampai bersih dengan air hangat.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti kulit kering, maka oleskan pelembab yang biasa kita gunakan sehari-hari.

Pertanyaan terkait masker kunyit

Banyak pertanyaan terkait dengan masker ini, apakah nanti kulit wajah tidak akan berubah menjadi kuning atau orange? Jawabannya adalah tidak jika digunakan secara benar.

Artinya, gunakan masker tersebut tipis-tipis untuk menghindari menempelnya warna kunyit pada kulit. Namun jika terlalu tebal mungkin dapat merubah warna kulit menjadi kekuningan meskipun ini hanya sementara.

Untuk mengetahui seberapa tipis takaran tepatnya, silahkan oleskan terlebih dahulu ke bagian tubuh dan lihat apakah berbekas atau tidak. Bila meninggalkan bekas maka itu artinya kita mengoleskan masker terlalu tebal.

Namun bila tidak ada bekas kuning pada kulit maka takaran itu sudah benar dan bisa diaplikasikan pada wajah tanpa harus takut dengan noda kunyit tersebut.

Tips di atas hanya sebagian kecil resep untuk mencerahkan wajah, ada puluhan tips lainnya yang bisa kita baca kembali di web ini. Slah satunya bisa dilihat di halaman berikut ini [Baca: Tips mencerahkan kulit secara alami].

tags: ,