Cara membuat masker kulit jeruk

masker kulit jerukDaripada harus mengeluarkan sejumlah uang yang kadang tidak sedikit hanya untuk membeli produk masker tentu, lebih baik kita membuatnya sendiri. Selain kaena biaya yang dibutuhkan tidak terlalu banyak, cara pembuatannyapun tidak terlalu sulit.

Alasan utama kita membeli masker komersil adalah untuk digunakan merawat kulit, salah satu produk masker paling populer adalah masker yang mengandung jeruk.

Jeruk memang sering digunakan dalam pembuatan masker, hal ini karena kandungan vitamin C yang tinggi di dalamnya dapat dimanfaatkan untuk melindungi kulit dari berbagai bahaya yang mungkin ditemukan akibat radiasi sinar ultraviolet.

Meskipun kita bisa dengan mudah mendapatkan masker ini di toko-toko kecantikan, tapi bila dibandingkan dengan produk buatan tangan akan jauh berbeda kualitasnya.

Keunggulan dari masker jeruk buatan tangan sendiri diantaranya kita mengetahui dengan jelas bahan apa yang digunakan sehingga tidak menimbulkan keraguan dan ketakutan akan efek samping, komposisi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing orang dan masih banyak keunggulan lainnya.

Berikut adalah cara membuat masker kulit jeruk yang bisa kita gunakan untuk melakukan perawatan kulit.

Bahan-bahan

Bahan yang kita butuhkan dalam membuat masker ini tergolong gampang didapat, sediakan beberapa peralatan dan bahan berikut ini:

  • Tiga buah jeruk
  • Susu cair secukupnya
  • Mangkuk
  • Blender
  • Sendok
  • Garpu

Perlu diketahui bahwa jeruk yang kita gunakan di sini bukan jeruk lemon atau jeruk nipis, yang kita butuhkan adalah jeruk manis yang biasa kita konsumsi sebagai pencuci mulut.

Jika semua bahan dasar dan peralatan tersebut sudah kita dapatkan, ikuti beberapa langkah berikut ini.

Langkah 1

Kupas buah jeruk tersebut dan kumpulkan kulitnya, yang akan kita butuhkan hanya kulitnya saja. Setelah kulit tersebut telah terkumpul, keringkan di bawah terik sinar matahari.

Pastikan kulit jeruk dapat benar-benar kering, waktu penjemuran yang dibutuhkan biasanya berlangsung sekitar 24 sampai 48 jam tergantung dari panas matahari.

Langkah 2

Setelah mengering, kita haluskan kulit jeruk tersebut dengan menggunakan blender atau peralatan lainnya. Usahakan agar hasilnya benar-benar halus kemudian masukkan ke dalam mangkuk.

Langkah 3

Campurkan susu cair ke dalam bubuk kulit jeruk lalu aduk sampai berbentuk pasta. Penggunaan susu hanya dilakukan jika kulit kita tidak terlalu sensitif. Jika rentan terhadap jerawat maka lebih dianjurkan untuk menggunakan air sebagai pengganti susu tersebut.

Langkah 4

Oleskan secara merata ke seluruh bagian wajah kecuali bagian mata dan bibir, diamkan selama 30 menit kemudian cuci sampai bersih dengan air hangat.

Masker ini berguna untuk menambah kelembaban kulit dan melindunginya dari bahaya yang diakibatkan oleh pencemaran lingkungan dan sinar matahari.

Agar hasilnya sesuai dengan harapan maka jalankan semua tips di atas sedikitnya 3 kali seminggu sebelum beristirahat.

tags: