Cara Membuat Masker Kranberi Untuk Anti Aging

cara membuat masker kranberiKranberi merupakan salah satu jenis dari buah beri, buah ini memang lebih dikenal dalam perayaan Thanksgiving di Amerika sana karena disajikan dalam bentuk saus kranberi untuk melengkapi hidangan ayam kalkun.

Terlepas dari itu semua, kranberi memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Salah satu manfaat tersebut adalah kemampuannya dalam menghilangkan tanda sekaligus memperlambat munculnya tanda penuaan di wajah.

Untuk memperoleh manfaat tersebut, terlebih dahulu kita harus membuat sebuah masker wajah yang bahan dasarnya berasal dari kranberi dan buah lainnya. Namun sebelum mengupas lebih dalam tentang cara pembuatan masker kranberi, ada baiknya kami jelaskan sedikit tentang kandungan apa saja yang ada dalam buah ini dan apa manfaatnya untuk manusia, hal ini agar pembaca memahami dengan jelas alasan dibalik penggunaan buah kranberi dalam pembuatan masker anti aging.

Kandungan nutrisi

Banyak sekali nutrisi dan vitamin dalam buah ini, beberapa diantaranya bisa anda lihat di bawah ini:

  1. Serat: Jumlah serat yang terdapat dalam buah ini berkisar antara 2,5 gram. Sebuah jumlah yang cukup tinggi untuk buah seukurannya. Perlu diketahui bahwa serat sangat penting peranannya dalam kesehatan tubuh manusia
  2. Vitamin C: Merupakan jenis antioksidan yang berguna untuk mencegah sekaligus mengatasi radikal bebas yang merusak jaringan tubuh maupun kulit. Tanda penuaan biasanya muncul akibat terkena radikal bebas baik dari paparan sinar matahari maupun karena kebersihan lingkungan yang buruk
  3. Vitamin E: Vitamin ini erat kaitannya dengan kecantikan kulit, meskipun sebenarnya banyak pula manfaat kesehatan yang bisa diperoleh dari vitamin ini

Itulah sebagian kecil nutrisi dan vitamin yang terdapat dalam buah kranberi, masih banyak nutrisi penting lainnya dalam buah tersebut, untuk detailnya silahkan anda perhatikan bagan berikut ini.

Air – 47.92 gramSerat – 2.5 GramProtein – 0.21 gramKafein – 0 mg
Karbohidrat – 6.71 gramEnergi – 25 kcalGula – 2.2 gramVitamin A, IU – 33 IU
Kalsium – 4 MgZat besi – 0.14 MgMagnesium – 3 MgVitamin B-6 – 0.031 mg
Potasium – 47 MgSodium – 1 MgZinc – 0.06 mgVitamin C – 7.3 mg
Thiamin – 0.007 MgRiboflavin – 0.011 mgNiacin – 0.056 mgKolesterol – 0 Gram
Folat – 1 ugVitamin B-12 – 0 µgVitamin A – 2 µgLemak – 0.07 gram
Vitamin E – 0.66 MgVitamin D – 0 IUVitamin K – 2.8 µgPhosporus – 7 Mg

Tabel di atas menunjukkan begitu banyak nutrisi, vitamin dan mineral dalam buah kranberi, maka tidak mengherankan jika buah ini banyak digunakan dalam dunia kesehatan maupun dalam dunia kecantikan.

Setelah mengetahui apa saja kandungan dalam kranberi, kini saatnya membahas cara pembuatan dan penggunaan buah ini untuk menghilangkan tanda penuaan.

Berikut adalah langkah dan cara membuat masker kranberi untuk anti aging seperti dilansir dari beberapa sumber.

Bahan yang dibutuhkan

  • Buah anggur sebanyak satu gelas kecil
  • Kranberi sebanyak satu cangkir kecil
  • Cairan jeruk nipis atau lemon sebanyak dua sendok teh

Langkah pembuatan

Hilangkan semua biji dalam buah anggur lalu masukkan semua bahan di atas ke dalam belnder atau alat penghalus lainnya, setelah semua bahan di atas halus, tuangkan ke dalam mangkuk lalu masukkan ke dalam lemari pendingin selama 30 menit.

Setelah 30 menit, keluarkan dari lemari pendingin dan masker sudah dapat anda gunakan. Oleskan masker kranberi secara merata pada wajah dan biarkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat.

Lakukan langkah di atas tiga kali seminggu untuk hasil yang lebih cepat.

tags: