Cara membuat masker kopi

membuat masker kopiSelain biasa diminum di pagi dan sore hari, kopi memiliki manfaat yang tidak kalah hebat dengan bahan lain seperti jeruk dan putih telur. Kopi diketahui dapat meremajakan kulit dengan cara mengangkat semua sel kulit mati dan menghilangkan kotoran akibat debu yang menempel di permukaan.

Peremajaan kulit sendiri berguna untuk mencegah masalah jerawat, komedo, penuaan dini dan lain sebagainya. Penggunaan yang tepat dan sesuai aturan dapat mengatasi gangguan tersebut secara sempurna dan aman.

Meskipun terdengar aneh, ternyata kopi bisa gunakan sebagai bahan dasar pembuatan masker yang juga digunakan untuk perawatan kulit wajah atau bagian lainnya.

Seperti dinyatakan di pembukaan artikel ini bahwa kandungan dan sifat dalam kopi digunakan untuk mengatasi kulit mati sekaligus membersihkan pori-pori dari penyumbatan yang dapat memicu jerawat.

Untuk mengetahui lebih dalam lagi tentang khasiat yang terdapat dalam masker kopi serta tahap pembuatannya, silahkan baca tulisan ini sampai tuntas.

Berikut ini adalah cara membuat masker kopi untuk meremajakan kulit dan mencegah komedo, jerawat dan tanda penuaan dini lainnya.

Bahan yang dibutuhkan

  • Seperempat cangkir bubuk kopi
  • Tiga perempat cangkir minyak zaitun
  • Satu sendok teh gula
  • Satu sendok teh madu
  • Mangkkuk berukuran kecil
  • Sendok
  • Plastik

Langkah pembuatan

Setelah bahan-bahan itu kita siapkan, mulailah dengan memasukkan bubuk kopi, minyak zaitun dan gula ke dalam mangkuk kemudian aduk sampai rata dengan sendok atau tangan.

Setelah ketiga bahan tersebut menyatu, silahkan masukkan madu ke dalamnya dan aduk kembali sampai madu dapat menyatu dengan ketiga bahan yang sebelumnya telah merata.

Pindahkan adonan tadi ke plastik dan tutup dengan rapat, jangan biarkan ada udara yang masuk pada plastik tersebut karena dapat merusak komposisi adonan yang telah kita buat.

Adonan di atas hanya akan kita gunakan saat mandi, caranya adalah dengan mengoleskan masker tersebut ke bagian wajah dengan gerakan melingkar agar semua kulit mati dapat dikelupas dan dihilangkan.

Lakukan proses ini selama 15 menit atau sampai benar-benar selesai kemudian bilas dengan air hangat untuk menghilangkan semua sisa kopi dan gula.

Sisa masker ini bisa kita simpan sampai dua minggu lamanya dengan syarat tempat penyimpanan benar-benar kedap udara. Setelah proses tersebut selesai jangan lupa untuk menggunakan pelembab.

Pelembab tetap diperlukan untuk menjaga kulit tetap lembab dan mencegah bahaya kekeringan yang bisa mengakibatkan kulit pecah-pecah, bersisik dan lain sebagainya.

Penting untuk diketahui bahwa masker ini hanya boleh digunakan untuk semua jenis kulit kecuali kulit kering, masker ini bersifat keras sehingga tidak dianjurkan untuk diapllikasikan pada kulit yang terlalu kering.

tags: ,