Tips terbaru
Home > Resep masker wajah > Cara membuat masker ketimun

Cara membuat masker ketimun

membuat masker ketimunWalaupun belum ada studi ilmiah tentang penggunaan ketimun sebagai bahan dasar dalam pembuatan kosmetik atau makeup, namun kita tidak bisa menyangkal bahwa ketimun telah digunakan dari sejak zaman dulu hingga sekarang sebagai media untuk perawatan kulit.

Sayur ini sering dijadikan langkah alternatif untuk mengatasi berbagai gangguan paad kulit, terutama sebagai pelembut dan pelembab. Salah satu makanan ini memang dikenal memiliki banyak manfaat bagi manusia.

Manfaat atau khasiat yang bisa didapat bukan hanya untuk kecantikan, namun juga pada kesehatan. Oleh sebab itu jangan heran jika kita sering menemukan ketimun atau mentimun dalam berbagai produk perawatan bermerk.

Selain bisa ditemukan dalam produk tersebut, ketimun sering direkomendasikan para ahli gizi untuk meringankan penyakit yang sedang diderita pasiennya.

Kali ini kita tidak akan membahas tentang manfaat ketimun bagi kesehatan, namun lebih fokus menguraikan tentang bagaimana ketimun kita jadikan sebagai alat untuk merawat kulit dan melembabkannya.

Kelembaban memang begitu penting bagi kulit karena dapat mencegah masalah dan gangguan yang biasa menimpa organ ini. Sebut saja diantaranya kulit kering, bersisik dan pecah-pecah.

Kulit kering juga ditengarai sebagai salah satu pemicu munculnya tanda penuaan dini berupa kerutan, kulit kehilangan elastisitasnya dan flek hitam atau kantung mata.

Maka dari itu perawatan yang benar-benar tepat sangat kita butuhkan untuk mencegah semua itu terjadi, dan masker ketimun adalah salah satu solusi yang bisa kita coba.

Berikut adalah cara membuat masker ketimun agar kulit senantiasa lembut dan terjaga kelembabannya.

Bahan dan peralatan

Kita membutuhkan bahan dan peralatan di bawah ini agar dapat membuat masker ini:

  • Satu buah ketimun
  • Satu sendok teh madu
  • Satu sendok teh cairan jeruk nipis atau lemon
  • Yogurt secukupnya
  • Oatmeal secukupnya
  • Blender
  • Handuk kering

Dengan bahan-bahan di atas, rasanya kita mudah membuatnya karena semua bahan dan peralatan tersebut bisa kita peroleh di toko makanan atau penjual perlengkapan kecantikan di sekitar tempat tinggal kita.

Langkah serta cara pembuatannya

Pertama kita harus mengupas ketimun lalu cuci dengan air bersih dan kemudian masukkan ke dalam blender. Jalankan blender selama 30 detik lalu tuangkan jus ketimun ke dalam mangkuk.

Masukkan semua bahan-bahan lain seperti madu, yogurt, cairan jeruk lemon atau nipis dan oatmeal. Aduk sampai rata sehingga adonan berubah menjadi seperti pasta.

Terapkan ke seluruh bagian wajah kecuali bagian mata dan tunggu selama 15 atau 20 menit. Setelah masker mengering bilas dengan air hangat kemudian keringkan dengan handuk.

Jika kuit kita sangat kering maka dianjurkan untuk menggunakan masker tersebut minimal dua hari sekali, sedangkan untuk menjaga kelembaban kita hanya perlu menerapkan masker tersebut dua kali seminggu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>