Cara membuat masker gula

membuat masker gulaKebanyakan orang memang lebih mengenal gula sebagai bahan tambahan pada makanan maupun minuman, namun jarang yang mengetahui bahwa makanan manis ini bisa kita jadikan sebagai bahan dasar pembuatan masker untuk perawatan kulit.

Gula dikenal memiliki sifat abrasi yang bukan saja bisa digunakan sebagai pengangkat sel kulit mati namun juga dapat menghilangkan seluruh rambut dari wajah.

Sebuah manfaat yang didapat tanpa harus bercukur terlebih dahulu, hasilnya pun lebih menakjubkan dari pada bercukur karena rambut akan dihilangkan mulai dari akarnya.

Walaupun tetap saja akan tumbuh kembali namun waktu yang dibutuhkan lebih lama dibanding dengan proses penghilangan yang dilakukan dengan bercukur.

Seperti dinyatakan di awal bahwa sifat abrasi dapat juga kita manfaatkan untuk mengangkat semua sel kulit yang mati sehingga permukaan kulit akan selalu tampil cerah dan segar.

Bagaimana cara kita membuatnya? Berikut adalah cara membuat masker gula untuk yang berguna untuk mengangkat kulit mati dan menghilangkan rambut dari wajah.

Bahan yang dibutuhkan

  • Gula secukupnya
  • Air jeruk lemon
  • Panci
  • Air

Perlu diketahui bahwa gula yang kita gunakan adalah gula batu dan bukan gula jenis lainnya, sedangkan untuk jeruk lemon sendiri bisa diganti dengan jeruk nipis, sedangkan banyaknya air jeruk lemon yang diperlukan sebanyak ¼ cangkir kecil.

Langkah-langkah

Masukkan dua cangkir gula batu ke dalam cangkir dan tambahkan juga ¼ cangkir air perasan jeruk lemon atau nipis. Nyalakan api dan aduk menggunakan sendok kayu sampai mendidih dan campuran gula dan jeruk lemon tersebut berubah seperti krim.

Matikan api dan tuangkan isinya ke dalam mangkuk atau wadah berukuran berukuran sedang. Diamkan selama beberapa menit sampai adonan tersebut menjadi hangat.

Sekarang oleskan adonan tersebut ke wajah dan tungu selama beberapa saat, sambil menunggu kita siapkan beberapa plester mirip dengan lakban. Benda ini nantinya akan kita gunakan untuk mengangkat sisa masker gula dari kulit.

Setelah semuanya siap, kini kita letakkan plester ke atas masker lalu tekan perlahan dan tarik. Jika kita perhatikan maka akan tampak rambut halus yang menempel pada masker tersebut.

Ulangi langkah tersebut sampai semua noda masker dapat terangkat dengan sempurna, setelah semua noda dapat dihilangkan maka barulah kita membilasnya dengan air dingin.

Gunakan pula pembersih wajah ringan untuk menghilangkan sisa gula pada kulit, karena biasanya sisa gula tersebut tidak bisa hilang jika hanya menggunakan air.

Karena gula memiliki sifat abrasi maka penggunaan masker ini hanya dilakukan sesekali saja, maksimal dua kali sebulan. Jika terlalu sering dijalankan maka dikhawatirkan dapat mengiritasi kulit dan membuatnya kering dan pecah-pecah.

tags: