Cara membuat masker garam

membuat masker garamMungkin anda terheran-heran mendengar masker garam, bagi yang belum pernah mendengar atau belum mengetahui manfaat garam untuk kulit mungkin merasa aneh.

Oleh sebab itu seperti biasa, sebelum mulai mengulas tentang resep masker tersebut, kami biasa menjelaskan secara detail tentang manfaat dan khasiat dari bahan yang akan digunakan sebagai bahan dasar masker.

Untuk pengelupasan kulit

Lisa Price, seorang pendiri Carol’s Daughter menyatakan dalam sebuah artikel berjudul San Jose Mercury News, garam laut sangat berguna untuk mengangkat semua sel kulit mati sehingga proses regenerasi dapat berjalan lebih maksimal.

Teksturnya yang lembut membuat garam aman digunakan dan tidak meniggalkan goresan pada permukaan kulit penggunanya.

Meredakan stres

Menurut beberapa ahli, terapi mandi dengan garam lau membuat pikiran tenang sehingga kualitas tidur akan meningkat. Bila kondisi ini tetap dipertahankan maka imbasnya akan terlihat pada kulit yang lebih segar dibanding biasanya.

Menyerap racun

Bila diaplikasikan pada kulit, maka seluruh racun yang berada pada permukaan kulit dan pori-pori dapat diserap dan dikeluarkan dengan mudah. Racun pada kulit sangat berbahaya dan dapat menyebabkan infeksi serta peradangan.

Manfaat tambahan

Masih banyak khasiat garam jika diterapkan pada kulit seperti antiseptik, mengurangi retensi cairan, meningkatkan sirkulasi darah sehingga kulit akan lebih terlihat merona dan segar.

Melembutkan kulit

Magnesium yang terdapat pada garam berguna untuk mengurangi retensi cairan pada kulit sehingga akan terasa lebih kencang dan halus. Inilah alasan dibalik ritual mandi garam laut yang akhir-akhir ini banyak digandrungi wanita.

Membersihkan pori-pori

Karena dapat mencegah terjadinya retensi cairan, maka semua hal yang dapat menyumbat pori-pori dapat diangkat dan dikeluarkan sehingga bukan hanya permukaan kulit saja yang dibersihkan melainkan pori-pori. Ini akan mengurangi resiko seseorang terhadap gangguan jerawat atau komedo.

Meredakan nyeri otot

Air garam merupakan pereda nyeri otot alami dan telah sejak dulu digunakan. Air garam ini dapat dengan mudah masuk ke aliran darah melalui pori-pori dan mengurangi akumulasi asam laktat.

Dari sekian banyak manfaat garam di atas, kita bisa mengetahui keuntungan apa yang akan kita dapat bila garam tersebut dioleskan pada wajah.

Berikut adalah cara membuat masker garam untuk membuat kulit lebih cerah dan halus seperti dirangkum dari beberapa pakar kulit.

Bahan yang dibutuhkan

  • Setengah cangkir air hangat
  • Satu sendok teh garam

Langkah pembuatan

Masukkan garam ke dalam air hangat lalu aduk sampai larut, oleskan air garam tersebut ke seluruh kulit dan diamkan selama 5 menit. Bilas dengan air sambil dilakukan pemijatan dengan gerakan melingkar agar semua sel kulit mati dan kotoran penyumbat pori-pori dapat dihilangkan.

Lakukan tips di atas sebanyak 2 kali seminggu sampai kulit wajah benar-benar lembut dan halus.

tags: