Cara membuat masker daun kol

membuat masker daun kolKubis atau yang lebih kita kenal dengan nama kol merupakan tanaman kaya manfaat, penelitian juga membuktikan bahwa sayuran ini memiliki antioksidan tinggi yang tidak kalah dengan sayuran atau buah lain.

Bila sayuran ini dimakan baik secara mentah-mentah ataupun melalui proses pengolahan, maka tubuh akan mendapat tambahan kekebalan tubuh. Namun bila diterapkan langsung pada kulit maka berfungsi sebagai pelindung radikal bebas.

Antioksidan dalam kol berguna untuk mencegah terjadinya oksidasi pada sel-sel sehat yang dianggap para ahli menjadi penyebab utama munculnya kerutan dan tanda penuaan lainnya.

Antioksidan tersebut juga berperan aktif dalam menangkal bahaya yang diakibatkan oleh radikal bebas seperti kanker kulit, flek hitam dan lain sebagainya.

Ada dua cara untuk mendapatkan manfaat dari sayuran ini, pertama dengan mengkonsumsinya dan kedua dengan mengoleskannya langsung pada kulit dengan disertai tambahan bahan lain.

Bila sayuran ini dikonsumsi maka berbagai vitamin dan nutrisi di dalamnya dapat diserap tubuh dengan baik, beberapa vitamin dan nutrisi tersebut diantanya vitamin K, vitamin A, betain, kolin serta folat.

Vitamin A dalam kol berfungsi untuk mencegah terjadinya degenerasi sel-sel kulit sehingga membuatnya tetap sehat dari dalam, sedangkan vitamin K berguna untuk membantu proses peremajaan.

Kolin, betain dan folat bertindak langsung sebagai agen yang mencerahkan, sehingga bila sayur ini dikonsumsi minimal tiga kali seminggu maka kita akan mendapatkan kulit sehat dan cerah.

Selain dapat dimakan langsung, kubis atau kol ini pun bisa kita terapkan langsung pada kulit. Penggunaan sayur ini dalam dunia kecantikan telah ada sejak zaman dulu kala dan berlaku hingga sekarang.

Berikut adalah cara membuat masker daun kol untuk mengatasi kulit kering, berminyak dan berjerawat serta mencerahkan wajah.

Untuk mengatasi kulit kering

Bahan-bahan

  • Daun kubis secukupnya
  • Satu gelas produk susu cair
  • Beberapa tetes minyak esensial

Untuk minyak esensial, kita bisa menggunakan minyak zaitun atau jenis lainnya. Untuk mengetahui apa saja minyak yang bisa kita gunakan silahkan lihat di halaman berikut [Baca: Tiga jenis minyak esensial].

Langkah-langkah

Masukkan susu cair ke dalam panci lalu panaskan, setelah panas masukkan daun kubis atau kol ke dalamnya dan tunggu sampai mendidih. Angkat dan dinginkan lalu masukkan ke dalam blender.

Nyalakan blender dan tunggu beberapa saat sampai bahan tersebut benar-benar halus. Tuangkan ke dalam mangkuk kemudian campurkan dengan beberapa tetes minyak esensial dan aduk beberapa saat.

Oleskan pada wajah dan diamkan selama 25 sampai 30 menit lalu bilas sampai bersih dengan air dingin. Lakukan tips ini 4 kali seminggu sampai masalah kulit kering dapat teratasi.

Untuk mengatasi kulit berminyak dan berjerawat

Bahan-bahan

  • Dua sendok makan tepung gandum
  • Beberapa tetes minyak pohon teh
  • Daun kubis yang telah dihaluskan

Langkah-langkah

Masukkan semua bahan tersebut ke dalam mangkuk lalu aduk beberapa menit sampai ketiganya menjadi pasta atau adonan, oleskan pada wajah dan diamkan selama 15 menit lalu bilas sampai bersih dengan air dingin.

Lakukan tips ini setiap hari sampai minyak berlebih dan masalah jerawat berkurang, untuk hasil maksimal kombinasikan dengan memakan sayuran ini mentah-mentah bila memungkinkan.

tags: