Cara membuat masker cendana

membuat masker cendanaKayu cendana telah dimanfaatkan orang dari dulu dalam berbegasi kepentingan, karenanya baunya yang khas dan unik maka salah satu agama menjadikannya sebagai pelengkap ritual pemujaan.

Dalam dunia kecantikan sendiri, kayui cendana sering kita jumpai dalam beberapa produk perawatan kulit. Semakin hari semakin banyak pula produsen yang mengembangkan produknya dengan menggunakan cendana.

Sebenarnya apa saja khasiat kayu ini sehingga banyak digunakan oleh produsen dalam pembuatan produk tersebut? Berikut penjelasannya.

Pencerah

Cendana merah sering digunakan untuk mengembalikan kecerahan wajah, para praktisi dunia kecantikan pada umumnya menambahkan air rendaman garam untuk tujuan seperti ini.

Mengatasi kulit berminyak

Kayu ini juga bisa digunakan untuk mengatasi kulit berminyak dengan jalan mengurangi produksi sebum dan mengencangkan pori-pori kulit, akan lebih maksimal hasilnya bila dikombinasikan dengan jeruk lemon.

Menghilangkan kerutan

Kandungan anti aging dalam cendana membuatnya dapat dimanfaatkan untuk mencegah dan menghilangkan kerutan di wajah, kombinasikan dengan gliserin dan air mawar.

Mengatasi jerawat

Untuk mengatasi jerawat kita bisa menggunakan bubuk cendana, bubuk kunyit dan rendaman mawar. Tips ini diyakini dapat menghilangkan jerawat dengan cepat dan aman.

Mengurangi efek sinar matahari

Kulit yang terlalu lama berada di bawah sinar matahari akan terlihat hitam ataupun merah, untuk mengurangi hal tersebut kita bisa memanfaatkan kayu ini setelah dikombinasikan terlebih dahulu dengan jus mentimun.

Mengatasi iritasi

Untuk kulit sensitif yang sering kali bermasalah dengan iritasi dan peradangan disarankan untuk menggunakan bubuk cendana, bahan ini diketahui dapat menenangkan kulit secara alami.

Perlu diketahui bahwa kayu cendana tersedia dalam dua bentuk yakni minyak dan bubuk, meskipun bentuknya berbeda namun khasiatnya tidak berbeda jauh.

Dari keterangan di atas dapat kita simpulkan bahwa penggunaan cendana dalam pembuatan produk perawatan ditujukan untuk semua hal di tas. Begitu pula dengan masker yang akan kita buat, mempunyai kegunaan untuk meningkatkan kecantikan kulit.

Berikut adalah cara membuat masker cendana untuk mencerahkan kulit seperti dilansir dari beberapa pakar kecantikan kulit.

Bahan yang dibutuhkan

  • Dua sendok teh bubuk cendana
  • Satu sendok makan minyak mawar

Minyak mawar yang kita butuhkan adalah minyak esensial, artinya tidak mengandung bahan campuran kimia lainnya. Silahkan perhatikan label pada kemasan minyak mawar tersebut sebelum membelinya.

Jika kesulitan mendapatkan minyak tersebut, kita bisa menggunakan alternatif lainnya yaitu dengan merendam beberapa kuntum bunga mwar ke dalam beberapa gelas air dingin.

Biarkan selama 2 jam penuh lalu gunakan air rendaman tersebut sebagai ganti minyak. Setelah semuanya siap, lanjutkan dengan cara dan tahapan di bawah ini.

Cara pemakaian dan langkah pembuatan

Masukkan bubuk cendana ke dalam mangkuk kemudian tambahkan air rendaman mawar atau minyak mawar ke dalamnya, aduk sampai rata dan membentuk pasta atau adonan.

Bersihkan wajah kita menggunakan pembersih ringan kemudian usap dengan kain lembut untuk menyerap sisa air di wajah. Tunggu sekitar 15 – 30 menit sampai wajah kering secara alami.

Oleskan pasta atau adonan cendana ke seluruh wajah lalu tunggu selama 15 menit, bilas menggunakan air sampai bersih lalu keringkan. Tips ini dilakukan maksimal empat kali seminggu untuk mendapatkan hasil cepat dan nyata.

tags: