Cara membuat masker bengkoang

membuat masker bengkoangBengkoang memiliki kandungan nutrisi dan vitamin tinggi, selain bermanfaat untuk kesehatan buah inipun dikenal memiliki faedah dalam dunia kecantikan.

Untuk lebih memhaminya ada baiknya kita ketahui dulu apa saja kandungan nutrisi dan vitamin dalam buah manis ini. Bengkuang terdiri dari 86 sampai 90% air serta beberapa protein dan lipid.

Rasa manis yang kita temukan pada bengkuang berasal dari fructo-oligosakarida yaitu prebiotik A, selain itu buah ini juga mengandung vitamin A, C, B, kalsium dan fosfor.

Serat dan mineral yang begitu tinggi dalam bengkuang membuatnya masuk dalam kelompok buah yang berguna untuk melancarkan sistem pencernaan manusia.

Sedangkan vitamin C yang ada di dalamnya membuat buah ini dapat digunakan sebagai penangkal radikal bebas dan berguna untuk melindungi kulit dari bahaya sinar matahari.

Oleh sebab itu tidaklah mengherankan bila praktisi dalam dunia kecantikan sering memanfaatkan bengkoang sebagai media dalam pembuatan produknya.

Produk tersebut bisa berupa lotion dan masker, manfaatnya tentu saja selain dapat melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet juga dapat memutihkan dan mencerahkan wajah.

Setelah mengetahui apa saja manfaat di balik buah ini, kini saatnya kita mempelajarai bagaimana cara menggunakan buah ini sebagai masker.

Berikut adalah cara membuat masker bengkoang untuk mencerahkan dan memutihkan wajah seperti dikutip dari beberapa jurnal kecantikan.

Bahan-bahan

  • Bengkoang secukupnya
  • Satu sendok teh madu
  • Beberapa tetes jeruk lemon atau nipis

Langkah-langkah

Kupas bengkoang lalu parut sampai halus, kita juga bisa menghaluskan buah tadi dengan menggunakan blender. Silahkan gunakan cara yang menurut anda lebih mudah.

Setelah itu masukkan parutan bengkoang ke dalam mangkuk dan campurkan madu ke dalamnya. Aduk keduanya sampai benar-benar merata lalu masukkan beberapa tetes jeruk nipis atau lemon.

Sekarang kita telah memiliki masker pemutih dan penghalus dari bengkoang, sebelum mulai menggunakannya siloahkan bersihkan terlebih dahulu wajah dari sisa debu dan minyak.

Gunakan pembersih wajah alami atau pembersih yang tidak bersifat keras, gunakan handuk untuk menyeka air dari wajah. Setelah benar-benar kering, sekarang oleskan masker tersebut ke seluruh wajah sambil dilakukan pemijatan ringan dengan gerakan melingkar.

Tunggu selama 10 sampai 15 menit lalu bilas sampai bersih dengan air, keringkan dan oleskan pelembab yang biasa kita gunakan sehari-hari.

Masker ini hanya bisa kita gunakan tiga kali seminggu, tidak boleh lebih dari itu. Hal ini untuk menghindari bahaya iritasi dan pengelupasan kulit ekstrim.

Pengelupasan yang terjadi sebenarnya wajar dan tidak perlu ditakutkan, pengeluapsan tersebut menjadi tanda bahwa masker yang kita gunakan bekerja dengan baik. Adapun yang terkelupas merupakan lapisan kulit mati dan sudah tidak dibutuhkan lagi keberadaannya.

tags: