Cara membuat masker bawang putih

membuat masker bawang putihKita tahu bahwa rempah ini mengandung banyak khasiat, bukan saja untuk kulit namun juga untuk kesehatan organ dalam. Bawang dikenal memiliki manfaat seperti mencegah kanker dan penyakit berat lainnya.

Jika diterapkan pada bagian luar, maka kandungan allicin yang bertindak sebagai antibakteri, anti virus dan anti jamur ini dapat membersihkan kulit serta mencegah berbagai macam kerusakan kulit yang diakibatkan oleh adanya infeksi dari ketiga mikro organisme tersebut.

Keuntungan lainnya adalah dapat membuat kulit terlihat lebih segar dibanding sebelumnya, hal ini karena bawang mengandung antioksidan yang dapat menangkal semua efek radikal bebas.

Radikal bebas sendiri biasa ditemukan pada paparan sinar matahari dan mengakibatkan kerusakan pada kulit dan mempercepat munculnya tanda penuaan pada seseorang.

Untuk itu bawang yang akan kita jadikan masker bisa digunakan untuk mencegah tanda penuaan dini, menghilangkan infeksi akibat jamur, bakteri dan virus serta membuatnya tetap sehat.

Berikut ini adalah cara membuat masker bawang putih yang bisa digunakan untuk memperoleh kulit wajah bersinar dan bebas jamur serta bakteri penyebab jerawat.

Bahan yang dibutuhkan

  • Satu siung bawang putih
  • Pelembab alami
  • Pisau
  • Parutan
  • Sendok
  • Handuk

Untuk pelembab sangat disarankan menggunakan pelembab alami yang bisa kita buat sendiri, silahkan ikuti panduannya di halaman berikut ini [Baca: Cara membuat pelembab alami].

Sedangkan untuk bawang putih, lebih baik memilih yang masih segar dan tidak busuk. Pemilihan ini bertujuan agar kita bisa mendapatkan semua manfaat yang ada di dalamnya.

Langkah pembuatan

Kupas bawang putih menggunakan pisau lalu parut sampai halus, masukkan hasil parutan tadi ke dalam mangkuk agar lebih mudah digunakan pada saatnya nanti.

Setelah itu kita bisa langsung mengoleskan parutan bawang putih ke seluruh bagian wajah, hindari bagian mata, hidung dan mulut dari pasta ini karena dapat menyebabkan iritasi.

Diamkan selama kurang lebih 20 menit sampai masker tersebut benar-benar mengering lalu bilas sampai bersih dengan air dingin. Keringkan dengan handuk lalu lanjutkan ke tahap berikutnya.

Langkah terakhir adalah dengan mengoleskan pelembab alami yang sebelumnya telah kita buat dengan menggunakan bahan-bahan alami, penggunaan pelembab adalah hal yang tidak bisa dilewatkan karena kulit yang sehat hanya akan ada jika kadar kelembabannya tetap terjaga dengan baik.

Langkah-langkah di atas bisa kita jalankan maksimal dua kali seminggu, hindari penggunaan yang terlalu sering karena bawang bersifat panas sehingga dapat memicu peradangan dan iritasi.

Untuk itu maksimal penggunaan yang dibolehkan adalah dua kali dalam seminggu, penggunaan ini ditujukan agar semua kotoran pada wajah baik debu, bakteri, jamur dan virus bisa dilenyapkan.

Untuk sisa parutan bawang putih, kita bisa memasukkannya ke dalam wadah kedap udara lalu simpan di lemari pendingin untuk digunakan di lain waktu.

tags: