Cara membuat masker apel

membuat masker apelBuah yang sangat populer di setiap negara ini memang memiliki rasa khas dan sangat disukai oleh semua orang, mengandung berbagai vitamin dan nutrisi yang bukan saja baik untuk menjaga kesehatan namun juga efektif dalam melindungi kulit.

Apel mengandung vitamin A, B dan C yang terbukti ampuh dalam menangkal semua bentuk radikal bebas dan kerusakan pada jaringan kulit. Yang lebih menarik adalah buah ini pun mengandung asam malat sehingga semua nutrisi dan vitamin tersebut dapat mudah diserap oleh tubuh ataupun kulit.

Lalu bagaimana jika buah ini diaplikasikan ke wajah? Berbagai penelitian menunjukkan bahwa apel baik dimakan atau digunakan untuk memaskeri wajah berguna untuk mencegah munculnya penuaan dini.

Penuaan dini adalah kondisi dimana seseorang terlihat lebih tua dibanding dengan usia sebenarnya, hal ini dikarenakan munculnya flek hitam, gangguan komedo serta jerawat, kerutan dan kulit yang mengendur atau tidak lagi elastis.

Salah satu cara ampuh untuk mencegah dan mengatasi persoalan tersebut adalah dengan mengkonsumsi apel atau menggunakannya sebagai masker, hanya dalam beberapa hari pemakaian kulit akan kembali cerah dan bebas gangguan.

Berikut ini adalah cara membuat masker apel seperti dikutip dari berbagai sumber dan pakar kecantikan kulit.

Yang kita butuhkan

  • Dua buah apel
  • Tujuh sendok makan madu
  • Satu sendok makan gandum
  • Satu sendok makan saus apel

Langkah pembuatan

Setelah semuanya siap mulailah dengan menggabungkan atau mencampur gandum dan saus apel sehingga keduanya berubah bentuk menjadi pasta.

Terapkan langsung pasta tersebut ke wajah secara merata dan tunggu selama beberapa menit atau sampai masker menjadi kering. Cuci dengan air dingin untuk mengangkat sisa masker dari wajah sekaligus menutup kembali pori-pori.

Pasta di atas digunakan dengan tujuan untuk mengangkat semua sel kulit mati baik yang berada di pori-pori maupun yang terdapat pada permukaan kulit.

Jika memungkinkan kita juga bisa menambahkan satu sendok teh bubuk kayu manis ke dalam pasta tersebut agar manfaatnya lebih terasa lagi. Langkah di atas adalah langkah awal dan harus diteruskan sampai semua langkah selesai.

Untuk tahap selanjutnya kita kupas dua buah apel yang telah disediakan kemudian haluskan, campurkan ke dalamnya tujuh sendok makan madu. Aduk sampai berubah menjadi adonan lalu oleskan ke bagian wajah.

Tunggu selama 10 sampai 15 menit untuk memastikan semua nutrisi dan vitamin penting dalam apel dan madu di serap dengan baik oleh kulit. Setelah mengering kita bilas sampai bersih dengan air dingin.

Dua langkah di atas tidak bisa dipisahkan, lebih dianjurkan untuk melakukan keduanya sekaligus. Apa manfaat dari masker tersebut? Banyak sekali, diantaranya adalah untuk mencegah jerawat, mengatasi kulit kering dan mencegah munculnya tanda penuaan dini.

tags: