Cara membuat masker alpukat

cara membuat masker alpukatMenggunakan alpukat sebagai bahan dasar pembuatan masker bukan tanpa alsan, buah ini memiliki banyak senyawa dan nutrisi penting di dalamnya dan sangat baik bagi kulit.

Alupkat mengandung asam linoleat yang berfungsi untuk mempercepat proses pergantian sel kulit mati, asam ini mudah diserap dan berguna untuk membantu tubuh dalam memproduksi kolagen alami.

Sedangkan hidrokarbon dalam alupkat berfungsi sebagai pelembab alami yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi kulit kering dan masalah yang sering ditimbulkannya seperti kulit bersisik.

Kita juga bisa menggunakan buah kaya manfaat ini untuk mengobati gangguan eksim, gatal-gatal dan iritasi. Dari sini bisa kita simpulkan bahwa tujuan penggunaan alpukat dalam penggunaan masker adalah untuk melembabkan.

Agar mengetahui lebih dalam tentang cara pembuatannya, silahkan baca artikel ini sampai selesailalu praktekkan.

Berikut adalah cara membuat masker alpukat untuk mengatasi kulit kering, bersisik dan meringankan gangguan iritasi.

Hal yang dibutuhkan

  • Satu buah alpukat
  • Satu sendok teh cairan jeruk lemon
  • Satu sendok makan madu
  • Satu sendok makan minyak zaitun
  • Putih telur
  • Garpu
  • Mangkuk atau wadah

Langkah pembuatan

Belah buah alpukat menjadi dua bagian lalu ambil dagingnya dan letakkan ke dalam mangkuk, lumatkan dengan garpu yang sudah dipersiapkan sampai daging alpukat benar-benar halus.

Tambahkan pula cairan jeruk lemon ke dalam mangkuk, selain berguna untuk menambah kecerahan, jeruk lemon juga dapat mencegah terjadinya oksidasi pada alpukat sehingga bisa disimpan untuk digunakan pada kesempatan mendatang.

Bila ingin menggunakan masker itu sekarang, maka masukkan semua bahan-bahan di atas seperti madu, minyak zaitun dan putih telur. Aduk sampai rata.

Sebelum menggunakannya pastikan terlebih dahulu wajah telah bebas kosmetik, kotoran dan debu yang mungkin masih menempel di permukaan kulit. Oleh sebab itu cucilah terlebih dahulu dengan air biasa tanpa menggunakan produk pembersih wajah.

Keringkan dengan handuk kemudian terapkan masker tadi ke seluruh wajah, pastikan masker menutupi seluruh bagian wajah kecuali mata, tunggu selama 15 menit sampai masker mengering.

Bilas dengan air hangat lalu keringkan kembali dengan kain lembut, hindari menggosokkan kain ke bagian kulit karena dapat menyebabkan iritasi.

Tips tambahan

Gunakan alpukat yang telah matang agar mudah digunakan, penggunaan buah yang masih mentah tidak dianjurkan karena lebih sulit diserap oleh kulit.

Selain itu biasakan mengkonsumsi buah ini agar semua vitamin dalam buah ini bisa kita peroleh, beberapa jenis vitamin penting bagi kulit tersebut diantaranya vitamin A dan E.

Hindari penggunaan masker ini jika kita memiliki alergi terhadapnya, masih banyak alternatif lainnya yang bisa kita pilih sebagai pengganti alpukat. Silahkan lihat di sini untuk mengetahui cara alternatif tersebut [Baca: Cara membuat pelembab untuk kulit].

tags: