Cara membuat masker alami

membuat masker alamiMasker biasanya digunakan untuk melembutkan dan menyegarkan kembali kulit wajah, namun seiring dengan perkembangan zaman masker bukan hanya difungsikan untuk hal-hal seperti itu.

Kita sendiri telah mengulas banyak masker wajah yang bisa digunakan untuk mengatasi jerawat, flek hitam, komedo dan lain sebagainya. Ada sekitar 24 resep yang sejauh ini pernah diterbitkan.

Kembali ke pokok masalah, pembuatan masker yang digunakan untuk menyegarkan wajah sebenarnya tidak jauh berbeda dengan cara pembuatan lainnya.

Maksudnya adalah kita mencampurkan beberapa bahan dasar menjadi satu kemudian di aduk sedemikian rupa lalu dioleskan langsung ke bagian kulit muka.

Inilah yang dimaksud sama dengan lainnya, langkah awal dan akhirnya hanya berputar-putar di situ. Pembeda dari satu dengan lainnya hanyalah pada alat serta bahan yang digunakan.

Untuk mempersingkat waktu, kita akan mengulas dan mempelajari beberapa langkah mudah dalam membuat masker pencerah wajah dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan tentunya.

Berikut adalah cara membuat masker alami untuk mencerahkan wajah sekaligus dapat digunakan untuk melembutkan kulit.

Bahan dasar yang dibutuhkan

  • Buah-buahan yang mengandung vitamin C
  • Yogurt atau cairan jeruk nipis
  • Oatmeal
  • Air secukupnya
  • Handuk lembut

Cara pembuatan

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan memotong dan menumbuk buah-buahan tersebut sampai halus, buah yang dimaksud bisa berupa tomat, ketimun atau bahkan sayur bayam.

Silahkan pilih salah satu diantaranya atau pilih alternatif lainnya seperti wortel, bengkuang dan masih banyak lainnya. Kembangkan imajinasi kita namun tetap pada koridor yakni hanya buah atau sayuran yang mengandung vitamin C atau E.

Setelah semuanya kita tumbuk, campurkan bahan lainnya seperti cairan jeruk nipis dan yogurt. Aduk bahan tersebut hingga rata dan menghasilkan adonan berupa pasta.

Pasta inilah yang akan kita gunakan untuk menutupi semua kulit wajah. Oleskan secara merata pada wajah dan tunggu sampai beberapa menit.

Bilas sampai bersih dengan air dingin kemudian keringkan dengan handuk lembut yang telah kita sediakan sebelumnya.

Rumus dasar dalam pembuatan masker sebenarnya hanya bertumpu pada langkah-langkah di atas, kita hanya perlu mengetahui masalah apa yang sedang dialami oleh kulit kita.

Setelah tahu benar masalah terebut, kita ambil solusinya yakni buah atau sayur yang dapat mengurangi atau mengatasi masalah tersebut. Ambil contoh jerawat misalnya.

Jerawat disebabkan oleh adanya radikal bebas, bakteri, kuman dan penumbatan pada pori-pori. Untuk mengatasi masalah tersebut tentu kita membutuhkan nutrisi yang berfungsi sebagai pelindung kulit.

Buah yang memiliki manfaat seperti itu adalah jeruk, tomat dan buah lainnya yang mengandung vitamin C. Seperti kita tahu bahwa vitamin C bertindak sebagai penangkal radikal bebas.

Sedangkan untuk megnatasi penyumbatan pada pori-pori, kita bisa memanfaatkan telur karena daya hisapnya lebih kuat. Daya hisap inilah yang akan menarik keluar semua penyumbat pori-pori tersebut.

tags: