Cara Membuat Lulur Untuk Mengatasi Iritasi Kulit

Lulur Untuk Mengatasi Iritasi KulitBeberapa orang sering mengalami masalah iritasi, hal ini biasanya ditunjukkan dengan gatal-gatal, munculnya bercak merah, panas dan berbagai tanda lainnya. Meskipun pada umumnya gejala tersebut akan hilang dengan sendirinya setelah beberapa menit, namun tetap saja hal ini sangat mengganggu.

Untuk mencegah dan meredakan iritasi pada kulit, seseorang bisa menggunakan bedak atau produk lain yang diformulasikan untuk meredakan salah satu gangguan kulit tersebut.

Selain menggunakan dua hal di atas, kita juga bisa menggunakan lulur buatan tangan, caranya cukup mudah dan bahan yang dibutuhkan pun tidak terlalu sulit ditemukan.

Selain dapat meredakan iritasi, lulur ini juga mampu mempercepat regenerasi kulit, mengatasi psoriasis atau pun eksim. Minyak zaitun yang digunakan dalam lulur ini berfungsi sebagai pelembab dan penghalus kulit, sedangkan jeruk bertujuan untuk meredakan iritasi itu sendiri.

Berikut ini merupakan langkah dan cara membuat lulur untuk mengatasi iritasi kulit dengan menggunakan bahan-bahan alami.

Bahan yang dibutuhkan

  1. Dua cangkir bubuk garam
  2. Setengah cangkir gula pasir
  3. Satu buah jeruk bali atau jeruk biasa
  4. Satu cangkir minyak zaitun

Perangkat yang diperlukan

  • Mangkuk berukuran besar
  • Blender
  • Sendok

Cara pembuatan

Setelah semua bahan dasar dan peralatan yang akan digunakan sudah kita siapkan, kini ikuti beberapa langkah mudah berikut ini.

  • Masukkan minyak zaitun, garam dan gula pasir ke dalam blender lalu nyalakan selama beberapa menit
  • Kupas buah jeruk lalu masukkan isinya ke dalam blender dan nyalakan kembali blender tersebut
  • Tunggu sampai semua bahan dalam blender menjadi halus dan rata
  • Tuangkan ke dalam mangkuk

Cara penggunaan

Penggunaan lulur di atas bisa dilakukan kapan saja, namun lebih dianjurkan setelah mandi. Ambil satu sendok lulur lalu oleskan ke bagian tubuh/kulit yang bermasalah dengan airitasi.

Oleskan dengan gerakan melingkar sambil memijatnya selama beberapa menit, tunggu beberapa menit atau sampai lulur mengering lalu bilas dengan air hangat.

Apabila langkah di atas dilakukan setiap hari, maka dalam beberapa hari ke depan masalah yang muncul akibat iritasi bisa dihilangkan. Adapun sisa lulur yang masih ada bisa disimpan di lemari pendingin sampai 14 hari ke depan.

Perlu diketahui bahwa garam laut dalam lulur tersebut berfungsi untuk mendetoksifikasi tubuh, jadi secara garis besar, lulur ini memiliki banyak fungsi dan khasiat yang tidak kalah hebat dari lulur yang dijual di toko-toko kecantikan.

Silahkan gunakan secara teratur dan rasakan sendiri hasilnya.

tags: