Cara Membuat Lotion Untuk Kulit Kering

cara membuat lotionKulit kering membuatuhkan pelembab tambahan dari luar seperti dari produk pelembab, tujuannya adalah jelas untuk menghindari masalah pada kulit kering seperti bersisik, pengelupasan tidak merata, keriput dan lain sebagainya.

Masalah kadang timbul ketika lotion yang kita gunakan justru membuat kulit terkena iritasi atau peradangan, hal ini terjadi karena produk tersebut mengandung bahan berbahaya atau memang tidak cocok untuk jenis kulit kita.

Bukan rahasia lagi jika dalam setiap produk komersil yang dapat kita jumpai di toko kecantikan menggunakan bahan kimia seperti pewarna dan bahan pengawet. Kedua bahan tersebut dianggap dapat menimbulkan masalah serius pada beberapa orang.

Oleh sebab itu alternatif lain yang bisa kita coba adalah dengan membuatnya sendiri, tentunya tanpa menggunakan bahan pengawet, pewarna buatan dan bahan kimia lain yang mungkin berbahaya.

Keuntungan dari lotion buatan tangan ini tentu saja harganya yang lebih murah dan keamanan yang lebih terjamin. Kekurangannya adalah kita harus membuatnya sendiri, bagi yang tidak memiliki waktu luang tentu akan sangat sulit melakukannya.

Akan tetapi berdasarkan pengalaman banyak orang, waktu yang dibutuhkan hanya berkisar antara 10 hingga 20 menit saja, tidak terlalu lama bukan? Sebenarnya tergantung dari niat kita saja karena waktu bukan menjadi masalah utama dalam pembuatannya.

Tertarik ingin membuat lotion sendiri? Berikut adalah cara membuat lotion untuk kulit kering agar terhindar dari kulit pecah-pecah, bersisik dan pengelupasan yang tidak rata.

Bahan yang dibutuhkan

Bahan yang akan digunakan murni bahan alami dan sama sekali tidak mengandung bahan kimia, beberapa bahan ini bisa kita dapatkan di toko kecantikan atau toko makanan terdekat.

Berikut adalah bahan-bahan dasar yang harus anda siapkan sebelum membuat lotion untuk mencegah dan mengatasi masalah kulit kering:

  • Satu sendok teh minyak zaitun
  • Satu sendok teh minyak jojoba
  • Minyak kelapa sebanyak satu sendok teh
  • Minyak almond
  • Minyak alpukat
  • 3/4 minyak kelapa
  • Sepuluh tetes minyak lavender
  • Lima tetes minyak cendana
  • Satu butir vitamin E

Cukup banyak bahan yang dibutuhkan memang, namun semua bahan di atas mudah didapat di toko terdekat dengan harga yang sangat murah.

Cara pembuatan

Keluarkan cairan vitamin E lalumasukkan ke dalam mangkuk, campurkan dengan seluruh bahan di atas kecuali minyak lavender, aduk beberapa menit sampai merata.

Masukkan campuran adonan tadi ke dalam lemari pendingin selama 5 sampai 10 menit. Keluarkan dari dalam lemari pendingin dan campurkan dengan minyak lavender kemudian aduk sampai rata.

Sekarang lotion telah siap digunakan, perlu diperhatikan bahwa karena kita tidak menggunakan bahan pengawet maka produk buatan tangan ini tidak dapat bertahan lama. Oleh sebab itu buatlah dalam jumlah terbatas saja dan jangan terlalu banyak.

tags: